“Hadeuh.. tugas presentasi lagi aje nih”, sahut Mahmud yang saat ini sedang menjalani semester tujuh di kampusnya.

Resiko jadi anak kampus emang begitu. Semakin tua semesternya, semakin banyak pula tugas presentasinya. Dikit-dikit suruh nyusun kelompok. Dikit-dikit suruh bikin makalan terus dipresentasiin. Hadeuh.. pucing pala pangelan.

Eits.. inget. Mahasiswa sejati ga boleh mengeluh dengan keadaan yang ada. Kalo kita bisa berfikir dengan lebih kreatif dan jernih, sebenernya banyak kok berkah yang bisa kita ambil dari banyaknya tugas. Kayak gue misalnya, buka jasa pembuatan makalah terima jadi. Nah, kan jadi lahan bisnis tuh sebenernya. (tapi jangan ditiru deng, ga berkah)

 

Pun begitu dengan tugas presentasi. Biasanya yang kita bayangin adalah ngoceh di depan sambil gemeteran terus kalo ada yang salah kitanya langsung dimutilasi di-drop out gitu. Engga, presentasi tu ga sesuram itu. Malahan menurut gue, presentasi tu tugas yang paling seru. Bisa buat media belajar public speaking gitu kan. Siapa tau, abis presentasi tiba-tiba dipanggil sama produser iklan Shinzui.. *yakali

Cuma, seringkali karena saking grogi dan kurang persiapannya buat presentasi, audiens kita jadi pada begini nih :

 

Kalo lu ngeliat audiens lu ada yang ngobrol, tiduran, atau bahkan ada yang sampe ngiler kaya di atas. Berarti presentasi lu terlalu monoton broh. Mangkanya, kali ini gue mau share ke elu semua, the secret of amazing presentation. Presentasi yang total keren, dan super anti-mainstream nih broh. Penasaran?

 

Lets check one by one!

 

Tips 1 : Warna background dan teks harus kontras

 

Kontras, secara maknanya berarti suatu perbedaan yang mencolok pada suatu pola atau unsur terhadap pola di sekitarnya yang memunculkan sebuah tanda. Jadi intinya, kalo mau audiens lu fokus dan peka ama apa yang ditampilin di slide, warna teks dan background harus berbeda mencolok.
Kebanyakan orang memandang sepele urusan kaya begini nih. Mangkanya ga jarang, ada dosen yang udah pendidikannya sampe S3, tapi slide presentasinya total burem kaya begini :

 

Ohh.. my eyes -__-
Tips dari gue : Sebaiknya gunakan background gelap dengan tulisan putih. Karena dari sisi ilmu grafis, sistem background-gelap-teks-terang ini bisa membantu audien lebih fokus sama apa yang ada di slide presentasi. Ga percaya? liat aja slide bang Steve Jobs di atas tuh.

 

Tips 2 : Perhatikan sisi Tipografi nya.
Fungsi utama dari tipografi ialah membuat teks menjadi berguna dan mudah digunakan. Artinya? Tipografi berbicara tentang kemudahan membaca teks (readability) dan kemudahan mengenali setiap huruf dan kata (legibility).
Simpelnya begini deh. Kalo misalnya kalian pengen audien fokus sama slide, font yang kalian pake harus sesuai. Jangan pake font yang alay alias terlalu kriwel-kriwel karena bakalan susah buat dibaca.
Karena gue orang yang bae, nih gue kasih deh sejumlah font yang paling cocok biar presentasi jadi elegan dan suuper..
Helvetica Neue, font favoritnya Steve Jobs nih.
Ini font nya logo bank mandiri lho..
Ini boleh dicoba juga nih..
Tips 3 : Bagi Materi Menjadi 3 s/d 4 bagian.
Waktu itu gue sempet sekelibet baca buku berjudul Rahasia Presentasi Steve Jobs karangan Carmine Gallo. Disitu ada materi yang sedikit gue tangkep, yaitu memori jangka pendek manusia ternyata hanya mampu menyimpan antara 3 s/d 4 hal. Dan dalam keseharian, hal ini sepertinya bisa dibuktiin broh. Misalnya begini ni, kalian beli nomer baru dengan nomer 082110325124.
Sejumlah orang mengingat dengan membagi jadi 3 bagian begini.
082 110 325 124
Sebagian lagi membagi jadi 4 bagian begini :
0821 1032 5124
Bener kan? Mangkanya ga aneh, kalo bang Steve Jobs ini tiap presentasinya senantiasa ngebagi materinya menjadi 3 poin utama. Soalnya dengan sistem ini, audien jadi lebih gampang ngingetnya. Catet broh!
Tips 4 : Sampaikan dengan gambar (Picture Talk)
Contoh slide bikinan gue nih broh.

Fungsi utama slide adalah, untuk memberi gambaran visual atas apa yang kita jelaskan secara langsung. Mangkanya, dalam mengisi slide usahain jangan sampe kebanyak teks di slide nya broh. Lebih baik cari gambar terbaik untuk mewakili penjelasan kita, istilah kerennya picture talk lah broh.Gue sendiri, seringkali menghabiskan 50% waktu penyusunan cuma buat nyari gambar terbaik. Karena buat gue, inilah satu-satunya cara biar presentasi bisa jadi keren dan anti-mainstream. Nah, karena gue masih bae.. nih gue kasih lagi nih beberapa spot nongkrong gue kalo nyari gambar yang keren.

Compfitgh.com, cara cepet nyari gambar dari flickr
freepik.com, ada psd dan illustrator juga lho
Photopin.com, alternatif terakhir nih.
Tips 5 : Sisipkan sebuah video
Biar Supaya audien jadi ga jenuh, jangan lupa juga sisipkan video sebagai intermezzo. Soalnya, sebagian besar orang biasanya penasaran kalo udah dikasih video, apalagi kalo itu videonya keren.
Simpelnya sih, cari aja video dari youtube. Nah, buat downloadnya, tinggal copy-in URL video youtubenya terus paste di situs en.savefrom.net.

solusi simpel buat download video yutup nih.
Selesai download video, tinggal masukin deh. Simpel ko. Kalo di PowerPoint tinggal klik Insert -> Video -> Video on My PC. Jangan lupa klik kanan, lalu menu start on nya ganti jadi automatic.

 

Tips 6 : Pakai transisi yang elegan.
Buat yang ini, gue saranin sih pake office tipe terbaru, minimal office 2010 atau 2013 deh. Soalnya, di versi baru office itu makin banyak opsi transisi yang bisa dipilih.

 

 

Transisinya juga jangan terlalu lebay bro. Kalo gue sih biasanya pake yang Wipe aja. Nanti kalo ada bagian yang keren, bisa pake transisi Doors biar jadi lebih surprise.

 

Tips 7 : Persiapkan naskah dan kemungkinan pertanyaan.
Jangan lupa siapin juga naskah terbaik yang detail broh. Nanti kalo naskahnya udah selesai, kalian coba baca lagi deh dari awal. Cuma, kacamatanya diganti. Anggep kalian sendiri adalah seorang audiens. Kira-kira pertanyaan apaan yang bakal diajuin. Dengan begitu, kalian ga bakalan kaget kalo misalnya nanti tiba-tiba dapet pertanyaan.

Tips 8 : Persiapkan fasilitas-fasilitas pendukung.
Biar presentasi kalian keliatan keren, jangan lupa tuh siapin remote buat mindahin dari satu slide ke slide lainnya. Jangan sampe jadinya begini nih : kalian presentasi di depan, begitu mau pindah slide mesti balik lagi ke laptop. Gak praktis tuh, gak efisien.
Selain itu cek ulang lagi status proyektor sebelum presentasi. Pengalaman gue sendiri, pernah bikin slide sampe 50 slide lebih. Begitu mau presentasi ehh.. proyektornya ga ada. Ngenes banget kan kalo udah gitu. Bawaannya pengen gamparin tiang listrik sampe bengkok. Mangkanya, jangan sampe deh kalian gitu juga. Selalu cek status proyektor beberapa jam sebelum presentasi.
Tips 9 : Latihan bicara pake mikrofon
Kebanyakan orang, termasuk gue sendiri biasanya grogi kalo disuruh megang mic. Menurut gue sih, grogi alias nerveus ini disebabkan oleh kita agak aneh ngedenger suara kita sendiri di microfon. Kalo ngomong biasa bisa, eh tapi kalo begitu di kasih microfon suaranya kok jadi beda.
Nah, ini mestinya kita latih ni sesering mungkin. Soalnya biasanya sih, kalo orang udah terbiasa ngomong pake mic, ya berarti dia juga udah terbiasa untuk berbicara lepas di depan panggung. Tul ga?
Tips 10 : Pake Projector Interactive
Minat PM gue ye, atau hubungi 0821 1032 5124
Kalo kalian pengen presentasi nya jadi lebih interaktif dan anti-mainstream lagi, bisa dicoba nih pake proyektor interaktif. Jadi proyektor ini didesain super keren gitu broh, bisa nerima input dari stylus maupun jari layaknya layar touchscreen. Kalian bisa nulis dan ngapus semua yang ada di layar tanpa pake spidol maupun penghapus. Wow..
Selain itu, proyektor interaktif ini juga bisa dipake di atas meja, serta bisa split screen gitu lho broh. Keren kan.. hehehe sori nih pesan sponsor dikit.

 

Nah, gimana? Siap untuk membuat presentasi anti mainstream?
Gue yakin, kalo semua tips ini dipraktekin (termasuk no. 10 juga kalo bisa), elu pasti bisa dapet grade A+++ deh dari dosen lau broh. Mangkanya, buruan pesen Semangat terus presentasinya broooh 🙂