Selamat pagi wahai segenap kaum anak kos..
Ga kerasa ni ye sekarang udeh ngelewatin tanggal 23 di bulan maret. Nyahh.. udeh tanggal tua lagi aja tong :(. Tanggal segini biasanye ye, ntu dompet pas lagi kering sekering-keringnye gurun sahara. Tipis setipis-tipisnye rambut dibelah tujuh. dan Miris semiris-mirisnye Nazar ditinggalin Musdalifah, Asli.

Gue pernah bikin ilustrasi siklus tanggal tua nye karyawan, kurang lebih kaya gini :

Tanggal tua jadi jombi 🙁

Tanggal segini, dengan keuangan yang semakin tipis, gue biasanya mulai bikin sejumlah manuver penyelamatan diri (baca : ngirit). Berbagai cara gue lakuin mulai dari nyetok indomie, datengin temen nyang kondangan, dan ngelisting event-event yang bakal ada makanan tester-nye. Mayan lah bisa ngurangin pengeluaran sekian puluh persen, walaupun ngenes tentunye 🙁

Mayan lah, masih ada suku dayak ame kang tenun.(ilustrasi doang si)

Akan tetapi broh, yang namanya anak kosan itu pada kodratnya tetep aje manusia. Adakalanya ngerasa bete, pengen nikmatin serunya traveling kaya orang-orang. Apalagi kalo udah ngepoin Instagram temen-temen. Ada yang jalan ke yogya, puncak gunung, pinggir pantai.. njirrr :'(

Nah, kalo bete tanggal tua gimane dong? masa maksain traveling kek orang-orang?

Ngga mesti lah yah broh.. Ga perlu lah maksain jalan-jalan kaya foto foto instargram yang dipamerin orang. Apalagi sampe minjem-minjem duit ke orang. Sama aja lu berbahagia, tapi ngegadein kesenangan lu di masa depan. Ya ga?
Daripada maksain, mending kita nyari tempat wisata yang low budget aje. Toh, travelling itu ga mesti ngambur-ngamburin duit juga yekan. Ada banyak ko tempat wisata yang bisa lo datengin, dengan budget yang setipis-tipisnye, misalnya yang dibawah ini nih :


5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Beuuhh.. coba kalo poto disini, kesannya kek lagi di disneyland ye.. padahal mah kaga

Tiket masuk : Rp. 10.000,- (belum termasuk masuk museum)
Estimasi budget : Rp. 75.000,- lahh biar puas.
Saran Pemberangkatan : Jam 09.00 sampe kelar.

Pengen nyobain sensasi keliling indonesia dari sabang sampai merauke? Taman mini nih jawabannya. Disini fasilitasnya lengkap banget dah. Mulai dari museum, kolam renang sampe bioskop semuanye lengkap deh broh! detailnya liat sini nih.
Gue saranin lu naek busway aje dahh pagi-pagi, biar bisa ngerasain suasana pagi yang ceria dan
ga perlu lagi bayar-bayar parkir. Jalan kaki sehat brooh (ngirit juga).. hehe
Kalo tanggal tua, mending ngelingin museum sama taman aja deh, soalnya harganya terjangkau mulai dari Rp. 2.000,- sampe Rp. 10.000,-. Dan itu banyaakkk banget, ga bakal abis dah lo seharian ngider disitu. Kemaren aja gue maen di PP-IPTEK bisa sampe 2 jam lebih tuh.

 

Courtesy : taiyoo.wordpress.com

Oya, jangan lupa juga nonton di theater IMAX ye broh. abis itu foto-foto.. aplot dah ke instagram :p

4. Taman Mangrove di Angke Kapuk

Courtesy : thelovecode.wordpress.com

Tiket masuk : Rp. 25.000,-
Estimasi budget : Rp. 50.000,- udeh termasuk transpot busway.
Saran Pemberangkatan : Jam 08.00 pagi, jan lupa bawa bekal.

Hutan mangrove adalah salah satu harta karun tersembunyi di kota jakarta. Dimane lagi coba, bisa nikmatin pesisir pantai yang adem dan murah kalo ga disini. Untuk ngunjunginnya pun ga ribet broh, karena lokasinya ada di pluit, jakarta utara.
Biar ngirit, gue saranin kesana nye naek busway aja. Turun di halte monas, nanti tinggal nunggu aja mobil BKTB. Eh, pada tau ga BKTB kaya gimana? nih yang kaya gini nih.

Naeknya cuma nambah Rp. 2.500 broh

Nah, nanti kalo udah sampe di tujuan akhir (Sekolah Tzu Chi), kalian tinggal jalan kaki aje dah.. sekitar 1 kilometer. Jangan lupa bawa bekal ye, soalnya makanan disini lumayan mahhal.
Fasilitas disini lumayan lengkap, mulai dari mesjid, kapal sampe tower-tower buat nikmatin ketinggian. Kalo pas tanggal tua mah yaa.. mending nongkrong aje dah, nikmatin suasana pantai mangrove yang adem di hati yee.. biar ga boros juga :’)

3. Setu Babakan, Kampungnya Budaya Betawi

Courtesy : dtjakarta.co.id

Tiket masuk : Rp. 2.000,-
Estimasi budget : Rp. 35.000,- transpotnya naek metro mini
Saran Pemberangkatan : Pagi atau gak sore.. biar adem

Anak kos jakarta, mesti tau juga dong adat dan budaya nye orang asli jakarta alias betawi. Setu Babakan yang berada di daerah Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi. Suatu area yang dijaga untuk menjaga warisan budaya Jakarta.
Setu Babakan adalah kawasan hunian nyang punya nuansa kuat
dan murni dari sisi budaya nye, seni pertunjukan nye, jajanan nye, busana nye,
rutinitas keagamaan nye, sampe bentuk rumah Betawi nye.
Jangan lupa broh yeh.. kalo maen kesana, pesen makanan ini nih :

Jeng jeeeengg… kerak telor khas betawi nih. Kisaran 15 rebu deh, maybe

Akses ke lokasi nya nah itu yang rada ribet. Tapi intinya sih, tinggal naek metro mini 616 aja jurusan Blok M—Pasar Minggu—Cimpedak. Ntar turunnya di pintu gerbang perkampungan setu babakan deh. Murah tapi happy dah broh, modal gocap bisa flashback budaya betawi 🙂

2. Museum-Museum di Kota Tua, Fatahillah.

Courtesy : google.com (gue lupa -__-)

Tiket masuk : Rp. 2.000,- s/d 10.000,-
Estimasi budget : Rp. 30.000,- transpotnya naek busway
Saran Pemberangkatan : Pagi-pagi buta pas ongkos busway masih dua rebu.
Budget semakin tipis? Ga masalah broh kalo lu tinggal di jakarta.
Nih ada solusi simpel buat hepi : wisata keliling museum di kota tua. Yang penting dan utama, lu jangan lupa bawa bekel sama aer yee.. jajanan sono mahal-mahal. Toh dari segi aksesnya gampang kok, tinggal naek aje busway jurusan Blok M – Kota lu udah nyampe.

Ada empat musem yang bisa lu eksplore disini. Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Mandiri, Museum Bank Indonesia dan Museum Wayang Indonesia. Harga nya pun bervariasi dari dua rebu sampe sepuluh rebu. Tips gue : Jangan lupa bawa kartu mahasiswa atau pelajar ye broh, soalnya bakal dapet potongan khusus 🙂

1. Kebun Binatang Ragunan

Tiket masuk : Rp. 4.500,-
Estimasi budget : Rp. 20.000,- transpotnya naek busway
Saran Pemberangkatan : Pagi-pagi, kalo bisa pas ongkos buswaynya masih dua rebu.

Yang paling terakhiirr.. ni dia nih kebun binatang ragunan. Kenapa dia posisi satu?
Karena lu harus tau, kalo kebun binatang di daerah deket cilandak ini ternyata menyandang gelar kebun binatang paling murah di asia. Gile.. Coba aja lu bandingin. Ketika kebun binatang laen tiket masuknya udah sampe dua puluh rebu lebih, ragunan masih berkutik di angka empat rebu lima ratus perak, Wow..
Dan harga tiket masuk yang murah ini ga mempengaruhi fasilitas dan kualitas pelayanan di ragunan itu sendiri. Karena konon, tiap tahunnya ni kebun binatang udah disubsidi sekitar 70 Milliar dari pemerintah. Kesimpulannya.. sebenernya itu pemerintah kasian ama kaum anak kost yang kere di tanggal tua segini broh. mangkenye, lu harus peka.. hahaha

Disini banyak sodara deh broh, yakin dah

Apalagi kalau dibandingkan dengan fasilitasnya, jauh banget. Dari ukurannya luasnya aja sekitar 140 hektar, dengan 270 spesis hewan dan 171 spesis tumbuhan juga 50 spesis kang dagang. Yang pasti, wisata kesini bisa nambah wawasan dan kepedulian lu dengan berbagai fauna yang udah langka. Ditambah lagi.. lo bisa berfoto ria seakan akan lo lagi di hutan rimba di kalimantan selatan atau dimanee gitu. #BoongBangetDah





Nah itu dia dah 5 tempat wisata yang ajib buat lo kunjungin pas tanggal tua.. Mangkenye, jangan sedih dan jangan galau broh.. Setipis apapun dompetnya, kebahagian mahh bisa diatur koo 🙂

Bonus : Vokalis Maroon 5