Hong Tang.. Hong Tang.. Hong Tang. Mungkin saat pertama kali mendengarnya, kita akan langsung terbayangkan nuansa-nuansa Asian. Atau mungkin Chinese, lebih tepatnya. Memang tidak ada yang salah dengan dugaan tersebut. Hong Tang sejatinya memang restoran yang menjajakan kuliner dessert khas daratan Taiwan. Cuma yang orang-orang tidak ketahui, Hong Tang ini ternyata merupakan brand asli Indonesia lho! ๐Ÿ˜€

Jadi ini persis seperti JCO yang kita anggap sebagai brand dari Amerika. Atau Hoka Hoka Bento yang kita anggap brand dari Jepang. Pada kenyataannya, baik JCO, Hokben dan Hong Tang merupakan brand waralaba asli dari Indonesia. Jadi boleh lah kita sedikit berbangga yah gaes. ๐Ÿ™‚

Sedikit sejarah, Hong Tang ini adalah merek waralaba Indonesia asli dan konon merupakan pionir di bisnis makanan pencuci mulut khas Taiwan. Berdiri sejak 2012 di kawasan Pluit Jakarta Utara, Hong Tang yang pada awalnya lebih dikenal sebagai Sweet Poetry ini didirikan oleh Andrew S. Iskandar. Disini restoran ini ada sekitar 200-an menu yang disajikan untuk memuaskan dahaga kita semua.

Seiring dengan berkembangnya waralaba Hong Tang, Outletnya pun kini sudah banyak tersebar di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Misalnya Central Park Jakarta, Summarecon Mal Serpong Tangerang, Margo City Depok, Grand Indonesia, dan tentu saja…. Summarecon Mall Bekasi.

Well, sejujurnya ini adalah kali kedua saya berkunjung ke Outlet Hong Tang di Summarecon, setelah sebulan sebelumnya saya mampir kesini bersama teman-teman TopCommunity. Lokasi Outlet Hong Tang disini berada di lantai dasar, tak jauh dari panggung yang biasa digunakan untuk Live Music.

Tapi tak perlu khawatir. Meskipun posisi Hong Tang itu dekat sekali dari panggung Live Music, tapi sekecencang apapun suara gedebak-gedebuk band diluar ternyata tidak akan terdengar bergitu kita masuk ke dalam Hong Tang. Yeah.. jadi semacem kedap suara gitu lah ya. Asyik banget ๐Ÿ˜€

Itulah alasannya kenapa saya betah banget berlama-lama nongkrong disini. Selain karena atfosmernya terasa tenang karena kedap suara, tempat dan suasananya juga cozy sekali. Hiasan grafis warna-warni yang menghias dinding, berpadu dengan lampu-lampu vintage di sejumlah sudut, sukses membuat suasana hati menjadi tenang. Cocok banget deh untuk Quality Time bersama teman-teman, pasangan, atau mungkin untuk fokus ngerjain skripsi ya.

 

Nah, begitu buku menu sudah ada di tangan, kalian jangan kaget ya. Sesuai yang saya jelaskan sebelumnya, Hong Tang ini memang menyediakan begitu banyak menu untuk kita pilih. Total ada sekitar 200 opsi menu yang tersedia. Mulai dari masakaan khas Taiwan, Thailand, Jepang, hingga khas Indonesia juga ada. Itu belum termasuk pilihan dessert dan drink nya loh ya. Tentu saja kami pun menjadi galau dibuatnya.

Untungnya waktu itu sedang ada paket promo Deal Package, yang terdiri dari 1 Wafel Mountain 2 Layer,ย  1 Grass Jelly Series, dan 2 Botol Minum Aqua. Kebetulan waktu itu saya memang lagi gak kepengen makan nasi, jadi menu tersebut sepertinya pas banget untuk kami berdua.

Tapi berhubung Thina-nya lagi kepengen makan nasi, akhirnya ia pun memesan 1 porsi Rice Bowl Sambal Matah. Sementara saya cukup nambah pesan 1 Gelas Chocolate Drink saja. Takutnya nanti kehausan, hehehe ๐Ÿ˜€

 

 

Setelah seluruh pesanan dicatat dan dikonfirmasi oleh pelayan, ada baiknya kita alihkan dulu waktu sejenak untuk berfoto-foto atau bercakap-cakap sembari menanti hidangan kita hadir di atas meja. Waktu proses pesanan disini memang agak cukup lambat, berkisar antara 10 hingga 20 menit, tergantung jumlah pesanan dan keramaian pengunjung juga sih.

Wajar saja sih, dengan variasi menu sebanyak itu. Saya rasa chef nya juga bakal merasa pusing dan butuh konsentrasi ekstra saat mempersiapkan pesanan. Tapi tak apa, dengan suasana yang cozy dan tenang seperti ini, rasa-rasanya bukan masalah besar untuk kita menanti sedikit lebih lama.

 

Sambil nunggu, mending foto-foto dulu…

Dan benar saja, sekitar 15 menit kemudian, barulah pesanan kami berdatangan satu per satu. Yang pertama kali datang adalah pesanannya Thina : Semangkuk penuh Rice Bowl dengan Sambal Matah. Langsung saja ia terlihat sumringah memandang sajian tersebut. Sementara saya cuma bisa mesem, karena pesanan saya belum datang.

Thina lantas mulai menikmati sambal matah tersebut dengan begitu lahapnya, sesendok demi sesendok. Saya pun diberinya kesempatan untuk mencicipi sedikit. Namun sejurus kemudian, saya langsung berhenti. Entahlah, saya merasa kurang menyukainya. Selain karena ga terlalu doyan sama yang pedas-pedas, saya juga merasa sajian sambal matah tersebut terasa agak asam. Tapi kata Thina sih, memang dasarnya seperti itu.

Ah sudahlah.. Namanya gak doyan. Mau gimanapun tetep aja ga bakalan dibilang enak ๐Ÿ˜€

Untungnya, sejurus waktu kemudian pesanan saya pun menyusul hadir di depan mata. Satu porsi lengkap 2 lapis Waffle Mountain dengan Skup Chocolate dan Vanilla Ice Cream di tengahnya. Wuaaaah.. Hampir-hampir saya jadi ngeces dibuatnya.

Meskipun pada awalnya saya agak kerepotan (karena ga biasa makan pakai pisau), tapi sedikit-sedikit akhirnya saya mulai beradaptasi. Memang agak sulit memotong waffle-nya, karena membutuhkan sedikit tenaga dan saya juga berhati-hati agar ice cream nya tidak hancur berantakan.

Begitu nempel ke lidah saya… Seerrr….. Duh, nikmatnya sampai ke ubun-ubun. Selain waffle-nya yang nikmat dan empuk, ice cream-nya pun benar-benar memanjakan lidah. Agak terlalu manis sih memang, tapi yah.. namanya juga restoran dessert. Sudah sewajarnya sajiannya manis-manis. Asalkan jangan keseringan aja ya, bisa-bisa nanti kita kena diabetes loh.

Tentunya, waffle ini bukanlah klimaks dari jajanan kita hari ini. Masih ada satu porsi hidangan yang kita tunggu-tunggu sedari tadi. Yakni… GRASS JELLY !

Sekedar info ya, Dessert Grass Jelly ini merupakan salah satu menu makanan paling laris dan paling wenakk di hong tang.ย  Grass Jelly pun dibagi lagi dalam beberapa alternatif hidangan. Di antaranya Grass Jelly dengan kacang merah, Grass Jelly dengan Qq ball, pearl, dan es krim rasa green tea. Atau, ada juga Mixed Pudding, dessert dengan tiga macam rasa puding dan tambahan tiramisu.

Mau berkreasi sendiri diluar dari menu yang tersedia juga boleh kok. Ngga dibatasi berdasarkan apa yang ada di buku menu saja. Asyik banget kan ๐Ÿ˜€

Berhubung kami berdua juga bingung dengan banyaknya ragam variasi topping dan komposisi yang tersedia, jadinya ya kami ngikut aja apa yang ada di buku menu. Yang ini merupakan kombinasi 1 skup ice cream, cincau hitam, ubi dan bubble pearl. Eh bener apa bukan ya? Gatau deh.. yang penting segerr banget ini dipandang mata.

Sebelum mulai mencicipinya, jangan lupa ‘guyurkan’ susu yang disediakan dulu ya..

Mantap jiwa….

Wahwah, kali ini bukan cuma Thina yang sumringah. Saya juga.

Paduan antara susu, ice cream dan cincau hitam benar-benar membuat lidah saya lumer.. Belum lagi ubi serta buble pearl nya juga lovable banget. Sampai-sampai saya memejamkan mata saat menikmatinya. Thina pun demikian. Kalau biasanya dia santai-santai saja kalau menyantap sesuatu, kini dia nampak tak sabar mempersiapkan suapan demi suapannya. Takut saya abisin kayaknya sih, hehehe. ๐Ÿ˜€

Hari itu kami berdua benar-benar makan lahap sampai merasa kekenyangan. Padahal niat awalnya sih cuma nge-dessert aja. Tapi karena laper mata liat menu yang tersedia, jadinya pesen 2 porsi sampe kekenyangan. Duh Gusti, kapan saya diet kalo gini caranyaaa…. ๐Ÿ™

Oya, kalau kalian juga mau ikutan nyobain kulineran di Hong Tang, maka pastikanlah kondisi finansial kalian dalam status aman ya. Soalnya harga-harga menu disini emang lumayan tinggi, sehingga kita harus siap-siap merogoh kocek cukup dalam. Tapi buat saya sih, dengan begitu nyamannya tempat yang disediakan, serta begitu nikmatnya hidangan yang dihadirkan. Sepertinya masih worth, dan layak untuk kami jadikan list repeat visit berikutnya ๐Ÿ˜€

 

Promo Deal Package : Rp. 100.000,-
1 Porsi Sambal Matah : Rp. 37.000,-
1 Cold Chocolate : Rp. 26.000,-

* Harga tersebut belum termasuk biaya tax 10% & service 5% ya…

 

 

Hong Tang Summarecon Mall Bekasi
Summarecon Mall Downtown, Downtown Walk No. DW120, Jalan Ahmad Yani, Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17144
Telepon: (021) 29572740

 

 

Bekasi, 24 September 2018
Ditulis sambil ngurusin orderan flash sale yang numpuk di kantor.