Niat awalnya ingin vakum sampai awal tahun. Apa daya, hati ini tak sanggup lagi menahan gejolak diri *ciaelah. Ya begitulah, setelah sempat mengalami sedikit friksi dan ngedown karena beberapa problema, beberapa waktu terakhir saya sempat memutuskan untuk fokus ke jualan dan istirahat sejenak dari semua aktivitas komunitas.

Tak terasa, waktu berjalan begitu cepat hingga hampir 2 bulan lamanya saya bersemedi. Waktu beranjak menjauh dari bulan September menuju bulan November. Dalam kurun waktu tersebut, saya sudah cukup banyak mendapatkan pencerahan. Pun begitu juga Pakar Ayam sepertinya sudah banyak sekali mengalami perkembangan.

Oleh karena itulah, tatkala saya mendapatkan ajakan Nobar di Grup Topcommunity Bekasi, tanpa pikir panjang saya pun segera mendaftar. Sudah cukup semedinya, sekarang waktunya berbaur lagi bersama teman-teman, hehehe. Lagipula, acara nobar kali ini disponsori oleh ekspedisi Ninja Xpress. Jadi selain tidak dipungut biaya masuk, dapet pulak makan siang gratis. *berkah tanggal tua πŸ˜€

 

 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah TopCommunity, acara nobar diadakan di Hotel. Bukan restoran atau rumahan seperti biasanya, hehe. Kali ini Fave Hotel Kemang View lah yang terpilih untuk menjadi lokasi ngumpul seller-seller Bekasi yang super keren ini. Dan seperti biasa, jarak yang lumayan jauh membuat saya membutuhkan waktu satu jam lebih untuk tiba di sana.

Sesampainya di Fave Hotel, saya langsung disambut oleh jabat tangan hangat dari Kak Chikal & Kak Zahra. Kedua orang inilah yang menjadi perwakilan resmi dari Tokopedia dari divisi Comdev (Community Development). Sejumlah teman-teman Topcom pun nampak sudah baris di depan meja registrasi demi mendapatkan secercah voucher belanja KFC dari Ninja Xpress. Saat saya masuk ke dalam, barisan kursi sepertinya masih kosong. Kak Chikal lantas mempersilahkan kami semua untuk makan siang dulu di lantai dua.

Kebetulan sekali, memang sudah saya sengajakan untuk tidak makan dulu sebelum jalan kesini. Biar puas, hahaha.

 

Pasangan paling romantis *uhuk

 

Di lantai 2 inilah saya mulai ketemu sama wajah-wajah yang familiar lagi. Ada Kak Lucy (Tokokecil), Kak Linda (Elti Store), Kak Whisnu (Babyklik), Om Ardy (TokoAntiGores), Om Rendy (Rendew Store) dan berbagai nama lainnya yang terlalu panjang untuk digabung dalam satu kalimat. Seperti biasa, sambil makan sambil sesekali kami bertegur sapa satu sama lain. Sampai tak kerasa satu piring sudah habis dilalap. Pengen nyomot sepiring lagi tapi malu diliatin orang-orang, wakakak. πŸ˜€

Selesai mengembalikan dahaga dan tenaga, kami pun kembali ke lantai 3 untuk memulai rangkaian acara. MC segera membuka acara dan memanggil Kak Chikal & Zahra memberi sedikit sambutan. Ternyata bukan hanya sambutan yang disampaikan, tapi sebuah sesi ice breaking kecil untuk mengetes level konsentrasi dan semangat kami semua.

Beberapa jurus ice breaking pun dikeluarkan selama acara berlangsung, mulai dari hitung-hitungan seru dimana tiap kelipatan angka tujuh harus diganti jadi kwek, adu kekompakan dengan instruksi yang menjebak, serta tebak-tebakan lirik lagu yang semuanya saya jawab ngasal. Lumayan lah, saya akhirnya dapet voucher belanja 50 ribu (meskipun akhirnya dijadiin Giveaway).

 

 

Berhubung acara ini disponsori oleh Ninja Xpress, jadi harap maklum saja ya kalau pesan sponsornya lumayan banyak. Malahan hampir separuh dari acara ini merupakan promosi dan sharing produk-produknya Ninja Xpress. Tapi gapapa, meskipun cukup banyak tapi para marketingnya membawakan dengan cara yang playful, plus diselingi dengan sejumlah Ice Breaking. Jadinya ga terlalu berasa bosen ketika melewati satu persatu rangkaian acara.

Seller-seller bekasi juga lumayan antusias, karena ada sejumlah promo khusus selama acara berlangsung. Misalnya promo paket 199k untuk mengirimkan 50 paket se-Indonesia, yang tentu saja eksklusif bagi para peserta acara ini saja. Peserta yang aktif bertanya juga akan mendapatkan hadiah menarik berupa merchandise unik dari Ninja Xpress. Asyik kan πŸ˜€

 

 

Selain pemateri dari Tim Ninja Xpress, ada juga sejumlah pemateri lain yang diundang ke acara ini. Salah satunya adalah perwakilan dari Harbolnas yang mohon maap saya kelupaan nyatet namanya *hehehe, maapkan. Yang saya inget sih, bahwa dia adalah pendiri Shopfest di Indonesia. Kedatangannya ke acara ini dalam rangka memperkenalkan dan menjelaskan apa itu Harbolnas.

Jadi, dari beliau lah saya tau bahwa ternyata Harbolnas di Indonesia itu keren banget. Bahkan mungkin lebih keren dari Black Friday-nya orang-orang eropa, karena partisipan di momen harbolnas ini mencapai ratusan e-commerce. Dan ini juga didukung dengan antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat luar biasa. Saya pun jadi semangat menyambut Harbolnas 12.12 ini. Semoga Pakar Ayam banjir orderan deh ya πŸ˜€

 

 

Tapi dari sekian banyak pemateri, yang paling ditunggu adalah Kak Fikri, seorang Enterpreneur dan admin dari akun Instagram Cara Jualan. Sebenarnya beliau hampir saja gagal hadir karena terjebak kemacetan. Tapi akhirnya bisa datang juga demi bertemu dengan warga-warga Bekasi ini. *Gimana? Mantap kali kan Bekasi? Ngoehehe.

Dalam kesempatan ini Kak Fikri menyampaikan materi mengenai bagaimana caranya meng-optimalisasikan social media untuk marketplace. Materi yang ia bawakan sangat menarik, karena bukan sekedar motivasi belaka, tapi tips & trick yang seringkali kita lupakan ketika ingin membangun kekuatan di Social media.

Salah satu yang tips paling saya ingat dari beliau adalah, “Jangan fokus kepada jumlah followers dan jumlah like belaka, tapi fokuslah kepada value dari konten yang kita buat. Apa manfaat dari konten yang kita berikan untuk followers kita.” Dan yap, that was answered a lot of my confusion.

Teman-teman dari TopCommunity pun antusias sekali menyampaikan pertanyaan. Dan keseluruhannya dijawab dengan sangat menarik oleh Kak Fikri, sampai saya pun terkagum-kagum. Dia memang bukan motivator, tapi ibarat konsultan professional, ia mengetahui sekali problema-problema kami semua sebagai seller online.

 

instagram.com/carajualan

 

Sebenarnya masih banyak materi-materi keren dari Kak Fikri, tapi sengaja tidak saya tulis disini supaya kalian penasaran dan tertarik untuk gabung Topcommunity. *heleh, alesan aja udah pegel ngetik.

Seperti biasa, karena matahari sudah terjun bebas di ufuk barat, dan petugas hotel pun sudah standby deket pintu karena over durasi, acara hari ini pun harus kami selesaikan juga. Sebelum bubar, kami menyempatkan sejenak untuk berfoto bersama sambil memegang bendera Ninja Xpress (brb : lagi lagi sponsor).

 

Kepada temen-temen TopCommunity, hatur nuhun atas sambutan hangatnya setelah sekian lama saya ngilang ini. Semoga sampai tua kelak, kita tetap bersama seperti satu keluarga. Once a family, always a family.

Ngomong-ngomong, dimanakah saya dari awal sampai akhir artikel ini? Tidak ada…. Karena saya selalu ada di belakang kamera.
Kenapa selalu di belakang kamera? Because i love to tell you a story without being a part of it Β  πŸ™‚

 

Bekasi, 23 November 2018
Ditulis sambil memanen sejumput gandum di game Township