“Nomor elu tuh yang mana sih, kok gonta ganti mulu dah”, Protes salah seorang sobat saya yang mendapati chat saya muncul dari nomor yang berbeda. Saya hanya senyum secukupnya, dengan sedikit mengeluarkan aura pamer, tentu saja. Karena sejujurnya saya ini tipikal orang yang jarang gonta-ganti nomor. Nomor simpati saja entah dari taun berapa masih awet saya pake.

Satu hal yang perlu saya jelaskan ke sobat saya adalah, bahwa nomor saya emang banyak. Demi mendukung kelancaran perdagangan online, saya memang menggunakan banyak nomor whatsapp. Lebih detailnya : 3 nomor untuk jualan dan 1 nomor untuk keperluan pribadi yang aktif dalam 2 smartphone. Semuanya aktif!

 


Di samping itu, WhatsApp sendiri bukan satu-satunya media saya untuk berkomunikasi. Karena saya juga cukup aktif dalam sejumlah komunitas di Telegram. Aktif menanti live chat di Tawk.To, serta ragam media chatting lainnya. Nah, kalau sekedar aktif dari smartphone sih, seperti ga ada masalah apa-apa ya. Palingan rada lemot dikit, dan itupun masih bisa dihandle oleh duo hape saya yang made in tiongkok itu.

Sayangnya saya ini tipikal orang yang lebih sering pegang laptop / PC ketimbang buka laptop. Which means, seluruh aplikasi chatting itu biasanya saya hubungkan atau akses langsung dari laptop. Tanpa perlu pindah-pindah perangkat satu ke perangkat yang lain.

Disinilah masalahnya muncul. Untuk mengakomodasi akun whatsapp sebanyak itu, tentu saja bukan perkara mudah. Karena pada dasarnya Whatsapp itu hanya bisa terhubung lewat 2 metode : pertama via Browser (dengan ketentuan 1 browser untuk 1 akun), dan kedua via aplikasi native yang diunduh dari Windows Store. Artinya, kalau kita mau menghubungkan 3 akun whatsapp, kita harus menggunakan 1 aplikasi native, serta 2 browser yang berbeda.

Nah kalo mau konekin 4 Whatsapp gimana caranya dong? Mesti pake 3 Browser yang berbeda?

Iya, bisa pake cara itu tapi ya tentu saja repot. There’s so much distraction when switching from apps to apps. Dan percaya deh, saya sudah mencobanya sendiri dan hasilnya adalah susaaah banget buat bisa fokus.

Oke. Jadi sebuah solusi alternatif harus segera ditemukan. Tentu saja saya segera mengarungi internet. Berselancar kesana kemari untuk mencari sejumput jawaban. Dan akhirnya, saya menemukan solusi yang keren ini!

 

Franz : Messenger Client yang Lengkap dan Mudah Digunakan

Dari beberapa hasil pencarian, aplikasi bikinan wong Rusia ini berhasil menarik perhatian saya. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengumpulkan hampir semua layanan perpesanan populer ke dalam satu wadah. Menariknya lagi, kita bisa menambahkan lebih dari 1 layanan yang sama dengan akun yang berbeda.

Itu artinya, dengan menggunakan Franz ini saya bisa menghubungkan ke-empat nomor Whatsapp secara simultan. Tanpa perlu berpindah aplikasi, cukup berpindah antar tab yang diwakili oleh logo layanan masing-masing.

Daaaan sesuai yang saya jelaskan di atas, layanan perpesanan populer lainnya pun bisa kalian tambahkan ke Franz ini. Lumayan banyak pula ternyata. Ada sekitar 70 lebih layanan populer dan sepertinya akan terus bertambah karena developernya lumayan aktif memelihara aplikasi ini. Saya sebutkan beberapa diantaranya ya :

  • WhatsApp
  • Skype
  • Facebook Messenger
  • Telegram
  • Discord
  • Slack
  • Trello
  • Twitch
  • dan masih banyak lagi




 

Gimana Cara Installnya? Cara Pakenya?

Franz tersedia di hampir seluruh platform, mulai dari Windows, Linux hingga Macintosh. Langsung aja kunjungi situsnya di http://www.meetfranz.com dan download file instalasinya ya. Jangan kaget, ukuran instalasinya emang lumayan gede. Sekitar 130MB. Tapi gapapa, sepadan kok sama fiturnya.

Setelah aplikasi terpasang di laptop, kamu akan diminta untuk menambahan layanan. Langsung aja deh tuh tambahin layanan yang kamu mau. Kalo saya sih pasang Telegram, Whatsapp, Tawk.to dan Gmail. Kebetulan memang keempat layanan itu yang sering saya gunakan.

Just a tips : Kalian bisa menambahkan icon khusus lho! Ini cukup berguna untuk membedakan layanan sama yang diinstall lebih dari satu. Jadi ga sering ketuker-tuker.

Satu catatan penting yang perlu saya jelaskan, bahwa si Franz ini cukup rakus memori! Ya, semakin banyak layanan yang kalian tambahkan, maka semakin banyak juga alokasi memori yang harus diarahkan untuk menjalankan aplikasi. Saran saya, sebaiknya siapkan komputer / laptop dengan RAM minimal 8 GB kalau mau benar-benar santai menggunakan Franz. Saya sih, sejauh ini masih aman-aman aja. Secara performa bisa dibilang aplikasi ini cukup stabil dan jarang sekali crash.

Selain fitur multi-account yang jadi andalan, Franz juga punya fitur lain yang perlu dicoba seperti Franz To-Do dan Workspaces. Tapi fitur dalam franz to-do terlalu terbatas untuk saya yang sudah terbiasa menggunakan microsoft to-do, sedangkan fitur workspace hanya tersedia untuk pengguna premium. So, i think nothing to discuss.

 


What we like : Layanan lengkap, mudah digunakan, stabil / jarang crash
What we don’t : boros memori

Link Download Franz untuk PC : https://meetfranz.com/#download
Layanan gratis dengan opsi upgrade untuk fitur tambahan

 

 

Bekasi, 24 Februari 2021
Ditulis sembari menunggu kurir ojol yang tertahan hujan deras