KiraKira Ramen – Rasa Otentik dengan Harga Minimalistik

Meskipun bukan wibu, tapi kalo urusan makanan jejepangan mah kita ngga ada bosen-bosennya. Dalam berbagai momen seperti ulang tahun, hari raya, atau sekedar awal bulan sehabis gajian, biasanya kami sekeluarga makan-makan di restoran bernuansa Jepang.

Termasuk kali ini, dalam rangka perayaan ultah kakak saya yang ke… Berapa ya? Ah sudahlah. Pokoknya kita semua sepakat pengen makan-makan mie ramen lagi seperti biasanya. Sebelumnya sempat tercetus beberapa nama tempat makan, namun satu per satu mulai dieliminasi karena Mamake baru banget trauma.

Eh, trauma?

Iya, jadi di bulan ini tuh ada 2 anggota keluarga yang ulang tahun. Pertama Mamake, dan yang kedua barulah kakak sulung. Pas acara ulang tahun Mamake kemarin, kita rayain dengan makan-makan di japanese resto kekinian gitu di daerah Margonda. Bagus sih tempatnya, terus menunya lumayan banyak juga, tapi sayangnya…. Aduh, Zonk!

Pas datang disana tuh ya, menu-menunya banyak yang kosong, terus mie nya kelewat asin. udah gitu yang paling parah ya, masa ocha nya berasa kayak teh tawar celup gitu. Asli, pokoknya lumayan kecewa sih waktu itu. Restoran kok cuma mahalnya doang, tapi hasilnya ga sesuai banget sama ekspektasi.

Nah, karena males nyoba-nyoba tempat lain lagi (dan takut zonk), akhirnya kami semua sepakat untuk pergi ke kedai ramen langganan aja. Kedai ini udah beberapa kali jadi destinasi makan rutin, khususnya Mamake dan Bapake. Namanya adalah KiraKira Ramen.



Sekilas Tentang Kira-Kira Ramen

Kedai Kirakira ramen dirintis sejak tahun 2018. Berawal dari sebuah ide untuk menyajikan masakan Jepang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat indonesia. Kirakira Ramen hadir dengan konsep rasa makanan yang otentik, porsi yang banyak serta harga yang terjangkau.

Kedai ini menyajikan berbagai macam menu makanan Jepang, seperti ramen, takoyaki, sushi, bento, dan lain-lain. Adapun menu favorit di kedai ini antara lain adalah Original Ramen, Takoyaki Gurita, Beef Bento Set, dan Sushi Uramaki Kani Mentai Roll.

Oya, berbekal konsep harga murah rasa mewah tadi, Kirakira Ramen pun bisa bertumbuh dan berkembang dengan positif. Bahkan, ketika diterpa oleh badai pandemi pun, kedai ini berhasil beradaptasi dengan cepat dan justru mengalami pelonjakan pesanan lewat aplikasi daring.

Kini, Kirakira Ramen telah memiliki 3 cabang di 3 kota yang berbeda. Yakni cabang Tapos (Depok), Ciracas (Jakarta), dan Sukahati (Bogor).

Tempatnya Agak Sempit, Tapi Okelah

Adapun cabang yang kami kunjungi adalah cabang Tapos, yang berada di perbatasan antara Depok dan Cibinong. Tak sulit untuk menemukan lokasinya, karena posisinya berada persis di depan Perumahan Persada Depok. Satu deretan dengan Soto Mbok Ayu dan Mie Ayam Purwokerto.

Baca Juga :  Kedai Ramen Saga, Destinasi Kuliner Favorit di Kuningan

Tempatnya sendiri berbentuk huruf L, dimana terdiri dari dapur, area makan duduk dan area makan lesehan. Area duduk terdiri dari 3 meja, sementara area lesehan terdiri dari 4 meja. Sama-sama agak sempit sih, tapi kalau dibandingkan kayaknya sih masih gedean area lesehan. Dan karena personil yang ikut lumayan banyak, kami semua segera ambil posisi di area lesehan agar lebih leluasa.

Dari sisi dekorasi sebenarnya kedai ini cukup sederhana ya, ga begitu ramai dengan ornamen. Meja yang dipakai cuma meja kayu polos standar saja, sementara kursi duduknya juga cuma pake kursi plastik biasa juga. Tapi feels Jepangnya tetep berasa, mungkin efek dari mural dinding besar bernuansa jepang serta playlist musik yang terus memutar beberapa soundtrack anime yang saya kenal. Makan disini jadi keinget scene Naruto lagi makan ramen, hehehe

Untuk orang-orang berkaki panjang seperti saya, agak sulit untuk menemukan posisi duduk yang nyaman disini. Meski begitu, overall untuk ambience-nya masih acceptable sih. Toh ini kan memang kedai ramen yang menyajikan ramen dengan harga terjangkau, bukan kedai mewah yang menyasar orang-orang kelas atas.



Biar Harganya Murah, Tapi Rasanya Mevvah

Untuk kedai sekecil ini, menurut saya menu di Kirakira Ramen terhitung lengkap banget ya. Karena selain Ramen dan Sushi, disini juga tersedia berbagai pilihan lain seperti Rice Bowl, Curry Rice, Takoyaki hingga Bento Box.

Khusus untuk menu ramen, kita bisa request beberapa pilihan tipe kuah, diantaranya adalah :

  • Shoyu (Cita rasa asin gurih)
  • Miso (Cita rasa gurih sedikit manis)
  • Shio (Rasa khas cakalang asap)
  • Akao (Varian rasa pedas)
  • Kari (Cita rasa rempah khas jepang)

Note : harga bisa berubah sewaktu-waktu. Silahkan kontak Admin

Agar tidak tenggelam dalam lautan menu yang ciamik ini, saya segera memutuskan pilihan saya pada menu Chicken Katsu Ramen dengan kuah kari. Thina dan Kakak memilih Ramen Original tanpa topping, sementara Mamake dan Bapake kompak memesan sepaket Bento Box.

Oya, hampir lupa nih mau pesen minuman. Tak jauh beda seperti makanannya, minumannya juga lumayan banyak pilihannya euy! Udah gitu pada pake bahasa Jepang semua penamaannya, bikin saya jadi bingung. Ada Suzushi, Fuyuki, Midorima, Ichigo Natsu, Aozora, dan masih banyak lagi.

Tapi kalo bingung mah, aaah elah… langsung aja order Ocha, hahaha. Disini free refill juga kok, tapi dibates maksimal cuma sekali aja.

Banderol harganya gimana? Ahh… tenang aja, gausah khawatir. Karena misi kedai ini adalah untuk menyajikan masakan jepang yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, maka harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Baca Juga :  Review Hotways Chicken, Alternatif Fastfood Bikinan Lokal

Baik itu ramen, ricebowl, maupun bento box, semuanya kompak dihargai di kisaran 20 ribuan aja. Sementara untuk sushi-nya sih, malah lebih mantep lagi. Banderolnya start from 8 ribu untuk yang termurah, dan 20 ribu untuk yang termahal. Menu-menunya silahkan lihat aja sendiri ya.

Harga semurah itu, rasanya enak ga? Jangan-jangan zonk deh..

Oh tentu saja tidak. Malahan, ini nih salah satu ramen yang taste-nya paling masuk di lidah saya. Mie-nya tebal dan kenyal, dengan kuah kare yang terasa gurih dan cita rasa rempah yang aromatik. Wajar kalau proses research resepnya aja memakan waktu hampir setahun penuh, supaya hasil akhirnya acceptable di lidah orang-orang Indonesia.

Sayangnya sebelum kesini saya udah sempet makan dulu sih, kalo ngga mah kayaknya saya mau pesen semangkok lagi deh, hahaha

Oya, menu Bento Box-nya juga recommended banget sih. Untuk harga under 30 ribu, isinya luar biasa lengkap. Terdiri dari nasi, chicken katsu, teriyaki, salad, mayo, saus dan tak ketinggalan : prulukan garlic parmesan.

Ah, pokoknya mah ga nyesel deh nyoba-nyobain menu disini. Hajar aja pokoknya, ojo dipikir.


In My Opinion

Meskipun tempatnya ga begitu luas dan nyaman untuk kumpul rame-ramean, tapi kalau kalian cari tempat makan ramen yang rasanya ‘aman’ dan tidak mengecewakan, maka Kirakira Ramen adalah tempat yang paling pas. Terbukti cita rasanya otentik banget, dengan porsi yang besar namun tetap dengan banderol harga yang terjangkau.

Kalau kalian males untuk datang makan langsung di tempat, Kirakira Ramen juga tersedia di seluruh platform per-ojolan. Mulai dari GoFood, GrabFood hingga Shopeefood, semuanya ada. Males buka aplikasinya? Tenang, bisa juga order juga via Chat WhatsApp ke adminnya kok.

Masih males juga? Udah tidur aja sono, gausah makan! Hahaha

Penilaian saya : 8,5/10. Very Recommended!

Lokasi KiraKira Ramen

Cabang Tapos : Perum Persada Depok, Jl. Raya Tapos No.1, Kota Depok

Cabang Ciracas : Jl. Raya Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur

Cabang Sukahati : Jl. Raya Karadenan, Sukahati, Cibinong, Kab. Bogor


Bonus : Mput lagi happy banget

Depok, 17 Juni 2023
Ditulis sambil sambil memandang jam dinding yang mendekati angka jam 3 pagi



Semangat penulis kadang naik turun, jadi boleh lah support biar update terus.

Silahkan klik link dibawah
Atau bisa juga dengan cara transfer ke :

BCA : 6871338300 | DANA : 081311510225 | ShopeePay : 082110325124

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

12 Comments

  • Aslinya di Jepang sendiri tempat makan ramen, udon, ya kecil begitu mas, persis kayak meja yang duduk biasa. Sempit, makanya makan harus cepet, Krn ga enak Ama yg nunggu.

    Aku sukaaaa makanan jepang, juga Korea. Itu alasan kenapa jepang masih suka aku datangin. . Untungnya di JKT banyak sih yaa resto jepang, dari yg murah, mahal sampe otentik banget rasanya plek Ama yg jepang asli. Aku sendiri kalo rasanya udh dimodif, ga masalahin, asalkan enak aja..kalo zonk kan males yaa

    • Iyaaa, sekarang mah restoran nuansa jepang udah banyak yang menyasar kelas menengah kebawah. Jadi udah ga minder lagi, makan ramen jadi bisa buat sehari hari sekarang sih

  • namanya unik kirakira ramen, kok ya kepikiran bikin nama ini ya,kerennn ownernya
    kayaknya terakhir makan ramen waktu ke surabaya dan ngemall
    itupun karena temen lagi ngidam alias pengen hahaha

    biasanya kalau lagi ga pengen ngeramen, ya ga beli
    porsinya juga buanyakkk banget, ampun dah aku

    • Di mall biasanya mahal mahal kalo ramennya, ga ada yang under 25 heuheu. Sekali makan auto boncos

  • Zonk itu bagian dari coba-coba tempat makan yang baru pertama kali didatangi. Bakal merasa semakin zonk ketika harga yang mahal dan rasanya tidak sesuai dengan selera. Pada kahirnya malas untuk balik lagi ke sana..hiks

    Kalau lihat menunya lumayan lengkap dan harganya terjangkau dibandingkan dengan warung ramen yang terkenal. Gerobak ramen yang terkenal tetap dipakai sebagai bagian dri identitas ramen.

    Namanya kirakira ramen, tapi rasanya ga kirakira. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *