Review Bakso Mpok Gua. 25K Dapet Semangkok Penuh!

Ada yang pernah denger nama Bakso Baba Gua? Nganu, itu lho. Bakso yang bisa ambil sepuasnya dengan harga 25 ribu aja.

Jujur. Dari awal opening sampe sekarang, saya belum pernah sekalipun mampir cabang utamanya. Soalnya yaa, emang agak jauh posisinya. Kalo gasalah itu udah mendekati arah Sawangan, yang kalo ditarik dari Cimanggis itu bisa hampir 20 kilo sendiri jaraknya. Ga cocok lah buat kaum mageran macem saya.

Nah, bulan Mei ini, saya dapet kabar kalo Bakso Baba gua baru aja buka cabang baru di Taman Kuliner Pekapuran, yang notabene cuma ngglinding doang dari rumah saya. Wah wah, ya tentu saya penasaran buat coba dong ya.

Oiya, cabang yang Pekapuran ini dikasih namanya Bakso Mpok Gua, bukan Baba Gua. Kenapa namanya begitu, saya juga ga paham dah. Mungkin nanti kalo ada cabang baru, dipanggilnya laen lagi. Bakso Sodare Gua? atau.. Bakso Bokin Gua?

Nganu, itu tadi saya cuma sotoy aja ya. hahaha

Back to the topic! Buat yang mau mampir kesini, kalian tinggal buka maps aja lalu ketik ‘Taman Kuliner Pekapuran’.

Kalo naik motor dari Jalan Raya Bogor, tinggal belok kiri aja terus lurus sekitar 3 Km. Kalo mau naik mobil, bisa lewat tol dan ambil exit tol Cimanggis, terus belok ke kanan menuju Pekapuran.


Banyak Pilihan Bakso dan Topping

Buat yang belum pernah, saya jelasin dulu ya. Jadi Bakso Mpok Gua tuh menganut konsep fusion antara all you can eat dan prasmanan. Boleh ambil sepuasnya, tapi cuma 1 kali aja sampe mangkok penuh. Sementara untuk bayarnya, tetap 1 harga aja mau sebanyak apapun kita ambil.

Pokoknya dikit atau banyak, tetep 25 rebu.

Setelah meletakkan tas di atas meja, Saya dan Thina langsung menghampiri waiter untuk melakukan pemesanan. Kami langsung disambut oleh empat buah dandang berukuran besar, yang segera dibuka satu per satu oleh pegawai.

Baca Juga :  Review Agemaru Karaage - Sensasi Menu Authentic Dari Jepang

Sebelum bergeser ke dandang, jangan lupa masukkan dulu bihun, mie atau daun sawi ya. Macem kurang lengkap pula lah kalo bakso ga ada 2 item itu. Tapi yaa, jangan kebanyakan juga, soalnya nanti jadi ga muat bakso banyak, hahaha

Dandang pertama dan kedua, itu isinya full bakso semua. Ada empat jenis bakso yang tersedia disini. Bakso sapi, bakso ikan, bakso udang dan bakso salmon. Saya langsung memasukkan semua jenis baksonya, sebanyak-banyaknya. Ora pake ngitung-ngitung, langsung cemplung!

Catatan : Ini baksonya ukuran standar semua ya, ga ada bakso yang ukuran gede gitu macem bola tenis.

Lanjut, di dandang yang ketiga ini isinya gajih sama tulangan. Samaa… Monggo dimasukkan sebanyak-banyaknya selagi ngga tumpah. Tapi saya cuma ngingetin aja nih ya, sebaiknya jangan terlalu banyak. Bukan apa-apa, inget sama kolesterol.

Jangan sampe balik dari sini tengkuk lehernya langsung pada tegang! Hahaha

Sebagai tukang daging, saya bisa menerka-nerka kalau untuk gajihnya itu diambil dari bagian headmeat alias daging di sekitar kepala. Sementara untuk iga-nya itu pakai bagian Brisketbone alias tulangan muda. Yang disebut terakhir itu paling enak sih buat digrogotin.

Terakhir, di dandang keempat ada Tahu, Telur dan juga ceker ayam. Dandang ini saya skip sih, karena jujue saya ga terlalu suka sama tahu dan ceker ayam. Sementara kalau telur, kayaknya satu buah utuh itu terlalu mblenek. Terlalu ngenyangin.

Setelah melewati keempat dandang tersebut, langkah selanjutnya adalah menambahkan daun bawang dan bawang goreng, yang mana tentu saja sepuasnya banget juga. Bawang goreng unlimited, siapa sih yang gamaau. Surga banget kan yaa buat kita, tapi Jahannam bagi orang lain. Soalnya bawang goreng itu enak, tapi bikin mulut kita jadi bau ketek naga, hahaha.

Kalau sudah lengkap semua, tinggal setorkan mangkok kita ke pegawai untuk disiram dengan kuah panas. Beuuuh, kebayang dah tuh enaknya macem gimana. Ngiler..

Baca Juga :  Ramen Giant, Kedai Ramen Mantap dengan Harga Terjangkau di Puncak Bogor




Baksonya Juara. Tulang Mudanya Ulalaa...

Semangkuk bakso yang tumpah ruah sudah tersaji di depan mata, waktunya kita melahap dengan penuh rasa.

Dari semua bakso yang saya ambil, favorit saya adalah bakso salmon. Bukan berarti bakso yang lain ga enak yaa, cuma kalo bakso salmon tuh unik aja rasanya dan teksturnya juga pas. Ga kelewat keras, ga kelewat lembek.

Sementara buat tulangannya, aduuh asli deh ulalaaa sekali. Karena posisi di dandang sudah dipanaskan, jadi bagian lemaknya tuh empuk, gurih dan ngga berbekas di dinding mulut. Tulang mudanya juga enak banget buat digrogotin, meski kadang ada satu dua potongan tulang keras yang harus diwaspadai.

Kuahnya juga pas, ga keasinan dan ga kelewat hambar. Saya cuma nambahin saos dikit, biar ada sensasi pedas yang gak berlebihan. Dan akhirnya hanya dalam beberapa menit, seluruh mangkok saya sudah habis.. kosong tak bersisa.


Kesimpulan Akhir

Untuk harga 25 rebu per porsi, asli ini sih worth it banget. Kalo lagi tanggal tua dan pengen makan puas, mending melipir kesini aja deh.

Kombinasi antara pilihan topping yang lengkap, serta tulang muda yang ulala bisa bikin kamu kenyang tanpa harus rogoh kantong dalem-dalem. Apalagi sekarang posisinya juga udah lebih deket, ga harus jalan jauh ke SSD (Sawangan Sonoan Dikit).

Saya kasih nilai : 8/10



Bekasi, 21 Mei 2024
Diketik sambil menahan kantuk gara-gara main badminton sampe jam 1 malem


Semangat penulis kadang naik turun, jadi boleh lah support biar update terus.

Silahkan klik link dibawah
Atau bisa juga dengan cara transfer ke :

BCA : 6871338300 | DANA : 081311510225 | ShopeePay : 082110325124

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

24 Comments

  • Sumpah, postingan ini bikin NGILER banget.sukses lu Bang, review nya hahahaha
    Noted deh.Kalau pas ke SSD, nyari juga bakso sodara mpok gua ini. 25rb ckp worth it lah ini.
    Thank youuu reviewnya

  • Wah paling asyik tuh dapat makana enak dan harga affordable. Biar lagi tanggal tua, tapi masih bisalah acara makan di luar tanpa bikin seret kantong. Apalagi jaraknya dekat dari rumah. Manteeep!

  • Wah wah baksonya keliatan enak dan daku penasaran ama bakso salmonnya, seperti apa rasanya? Apalagi dimakan ama iga, sedap benerr. Sayang ga ada lontong ya wkwkkw. Eh di sana kalo makan bakso ama lontong juga gak sih?

    Mungkin dinamain bakso mpok karena kepala cabangnya cewek? Ehhh.

  • Wah mantap bang moga aja bisa mampir hehe. Btw salam kenal bang semoga sehat selalu dan terus konsisten. Udah saya follow ignya pak hehe

  • Maaaas, serius mangkok segitu ga tumpah si bakso ditaro banyak2?? Aku pengeeeeen hahahahaha. Gila bakso banget mah kami sekeluarga .

    JD itungan dia per mangkok asal ga tumpah yaa?

    Kalo begini mah aku malah males pake bihun. Bakso aja semua, Ama tetel hahahaha.

    Ini kok ya jauuuh tapi yaaa. Suami hrs dibujuk2 dulu kalo diajakin ke daerah sana

    • Iyaaa, emang agak jauh mba. kalo mau ajak suami ke cabang sini ajaa yang cimanggis, tinggal keluar pintu tol cimanggis terus belok kanan.

      Betul, asalkan ga tumpah mah ga masalah. Aku geh males pake yang lain selain bakso sama tetelan, pokoknya sepenuh-penuhnya aja ahahaha

  • Bsk kalo buka cabang lagi mungkin namanya anak gua mass hehehe..

    Ini sie beneran murah banget ya kan mass…25rb looo ambil sepuasnya bener2 worthed sie klo kata aku…
    Biasanya kalo bakso macam gt aku skip aneka bihun nya banyakin bakso sama perdagingan nya dan bener jangan lupa juga sawi seledri sama bawang goreng..
    Beuhhh bayangin panas2 segerr kok jadi pingin wkwkwk

  • woww mantap pol ini mas Fajar, modelnya prasmanan dan kita bebas ambil sepuasnya
    Aku tadi salfok sama judulnya, bakso mpok gua, kirain bakso jualannya ibunya mas Fajar
    nama warung yang dibikin juga unik, dari mpok sampe babe, bikin orang penasaran juga
    taburan bawang goreng memang menambah cita rasa makanan ya, kadang aku tuh suka ga enakan ke abang tukang bakso kalau minta bawang goreng banyak hahaha

  • sebagai makanan comfort foodnya orang Indonesia, menikmati bakso disini sungguh menyenangkan banget ya, soalnya pilihannya banyak dan beragam. Pokoknya semangkok kebahagiaan yang siap dilahap ada didepan mata

  • Menarik, uniq dan sukses bikin laparrr bin ngilerr, itu baksonya banyak bener yakk, variatif juga dan terpenting bisa ambil full semangkok dengan harga yang super ramah dikantong. Ajakin keluarga makan bareng disini worth sangat . Beneran bikin happy makan bakso berkonsep all you can eat.

  • Buat yang kapasitas lambungnya 2 mangkok bakso sekali makan pasti bakal balik lagi dan lagi ke Bakso Mpok Gua nih 😀 Kalau saya, kayaknya nebeng makan saja sama yang gak kuat abisin isi mangkoknya 😀

    • Iya, salahsatunya SAYA ahahaha. Ini kalo full juga masih pas kok, ga bakal sampe begah banget (kalo saya)

  • dengan harga 25ribu makan bakso dengan konsep all you can eat gitu, ya bisa makan kenyang ampe ego hahahaha….
    kalau konsep kayak gitu, harus makan banyak gak sih? kalau sedikit tuh bawaannya rugi. dan bagusnya kesana tuh bawa orang yang doyan makan

    • Yups, tapi sebenarnya sepenuh-penuhnya juga ga bakal sampe kekenyangan sih.
      Ini kan cuma sekali ambil aja, ga bisa refill refill-an

  • Wuih, apa tidak rugi yaa semangkok dengan isi melimpah ruah hanya 25 ribu rupiah apa tidak rugi, Mpoook….enak banget kelihatannya..

  • Baso jadi salah satu makanan favorit saya, tadi kira punya kakaknya Mas Fajar ternyata namanya memang Mpok Gua ya, belum pernah nyobain ke sana, wajib banget nyobain ah pengen rasain baksonya kayaknya menggoda sekali

  • Wow, segala ada gitu ya bang di baksonya. Bikin ngileeeeer. Enak dan gurih banget pastinya. Aduh di sini nyari di manan tuh yang begitu. Gak ada kayaknya. Kalopun ada, pasti harganya selangit. Ah nanti siang nyari bakso ah. Gara-gara ini jadi ngileeeer. 😀

  • SSD hahaha…
    Bakso pertulangan ini memang enaaakk banget yaa.. Tapi asa ngabisin tempat banget buat mangkok semungils ituuh.. Hahaha, tetep keukeuh pen isi yang lebih banyak.
    Karena aku ga begitu suka tahu, kayanya mau aneka olahan baso basoannya ajaaa.. 25 rebuuu…
    Berasa makan pas zaman kuliah dulu yaaah…

  • Ya ampuuunnnn ngilerrrr, berharap agar ada yang jualan bakso konsep gini di Surabaya. Ini mah worth it banget sih. kalau saya nggak mau pakai mie-mie an, palingan dikit sayur dan banyak bakso dan tetelannya hahaha.

    Trus tiba-tiba terpikirkan mau cari bakso gini di Surabaya, kok ya ngiler banget hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *