Review Hotways Chicken, Alternatif Fastfood Bikinan Lokal

Jujur, awalnya saya tuh ga nyangka kalo tempat satu ini tuh ternyata restoran cepat saji. Padahal posisinya cukup strategis, tepat di pertigaan ujung Juanda menuju ke Jl. Margonda Depok. Tapi nganu, perkara logonya berbentuk anak kecil yang lagi lari, saya jadi ngiranya ini tuh semacem tempat futsal. Belakangan saya tau kalo ternyata anak itu lari sambil megang paha ayam.

Yah maklum lah ya, namanya kita liatnya sekelibet doang sambil bawa motor.

Nah, mumpung kemarin lagi ada tanggal merah. Saya dan Thina pun memutuskan untuk membayar tuntas rasa penasaran kami dengan berkunjung ke restoran ini. Meskipun jarak dari Cimanggis kesini lumayan jauh, sekitar 10 Km. Tapi gapapa, soalnya kalo udah sampe Margonda mah bisa lanjut melanglangbuana kesana kemari lagi, yakan?





Sekilas Tentang Hotways

Buat yang belum tau, Hotways ini tuh ternyata franchise restoran cepat saji asli asal Indonesia. Jadi lumayan lah, bisa jadi alternatif buat makan fastfood tanpa takut dianggap mendukung negara nganu. Didirikan sejak tahun 2022 di Surakarta, Hotway’s Chicken mengusung konsep One Stop Kitchen dan menyajikan berbagai menu ayam goreng.

Disini tersedia menu Ayam Crispy, Ayam Spicy, Ayam Gulai, Ayam Geprek serta Ayam Nasville. Adapun yang disebutkan terakhir adalah salah satu menu andaan disini. Nashville Hot Chicken ala Amerika yang terkenal karena kepedasannya, dan tentunya tersedia dalam beberapa level mulai dari Level 1 hingga 5.

Hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun, franchise ini sudah mulai membuka cabang di berbagai Kota Besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Malang, hingga Bali dan Lombok. Sementara kalau di Jabodetabek, saat tulisan ini diterbitkan, Hotways baru ada di 2 lokasi yakni Margonda (Depok), serta Jatiasih (Bekasi).

List selengkapnya bisa dilihat di Link Berikut Ini ya.




Suasana nyaman dan Instagrammable.

Salah satu ciri lain yang membedakan Hotways dengan franchise lain, adalah gaya interiornya. Hampir di semua cabang Hotways itu tempatnya nyaman, minimalis dan enak buat jadi media foto-foto.

Kalau di cabang margonda sini, area dindingnya hampir bersih tanpa poster apapun. Hanya ada sedikit sentuhan lampu LED yang membuatnya makin bersih dan rapi saat dibidik kamera.

Baca Juga :  Akhirnya Ada Alasan Juga Buat Ke Playtopia

Di cabang Depok ini, area lantai bawahnya memang kurang luas. Tapi tenang aja, ada lantai atas yang lebih luas yang bisa kalian gunakan yaa.



Penyajian Cepat, Harga Merakyat

Karena kami sama-sama ga suka sama yang rasa pedas berlebihan, maka Thina memutuskan untuk memesan Paket Ayam Crispy + tambahan air mineral. Sementara saya memesan 1 porsi Ayam Geprek dengan tambahan Cola Dingin.

Tak lama setelah menjatuhkan pilihan, mbak pelayan menawari kami opsi tambahan.

“Mas, mau tambah scrambled egg-nya juga ngga? Cuma nambah 3 ribu aja”

Wow, baru tau kalo ternyata disini scrambled egg bersifat add-ons. Manalah murah banget euy, cuma 3 rebu perak. Tentu saja saya langsung iyakan tawarannya. Selanjutnya Thina minta tambahan chicken nugget, untuk nantinya disuapin ke Putri.

“Totalnya 85.000 ya mas”

Saya langsung kaget. Buset dah, pesanan sebanyak itu ternyata ga sampe 100 ribu. Padahal kalo mau dibandingin franchise luar macem KFC atau McD, kayaknya itu mah udah fix keluar duit diatas 100 dah.

Setelah melakukan pembayaran, mbaknya memberikan sebuah receiver wireless untuk penanda apabila pesanan sudah siap. Dan melihat benda kecil berwarna hitam tersebut, batin saya langsung terguncang. Rasa khawatir pun menyeruak, soalnya setahu saya restoran yang pake receiver wireless macem gini tuh restoran yang proses penyajiannya lama.

Duh, mana udah laper banget. Masa iya musti nunggu lama sih…‘ Gumam saya dalam hati.

Ternyata kekhawatiran saya tak terbukti. Tak sampai 2 menit sejak pantat kami nempel ke kursi, eh.. receiver kami sudah berdering. Hampir seluruh pesanan kami baik makanan maupun minuman, telah siap untuk dibawa ke meja. Tinggal sisa chicken nugget aja, yang butuh waktu tambahan sekitar 5 menit.

Niat ngejauh dari brand Amerika, eh.. malah minumnya Cola Cola juga.

Kalau saya perhatikan, alasan kenapa penyajiannya bisa sebegitu ngacirnya ada di minumannya. Berbeda dengan franchise lain yang umumnya mengucurkan minuman ke dalam wadah, di Hotways mah ga begitu.

Iced tea-nya tuh udah ready stock dalam cup plastik seal, sehingga mbaknya tinggal comot aja. Pun begitu juga dengan cola-nya, yang ternyata disajikan terpisah antara es dan botol cola-nya.

Jadi yaa pantas sajalah kalau penyajiannya jadi ngebut bener macem bimsalabim.



Bayam Penuh Rasa, Gepreknya Juara.

Membawa pesanan kami ke atas meja, rasanya seperti membawa kembali kenangan-kenangan di masa muda. Soalnya seluruh pesanan kami itu tidak disajikan dalam wadah kertas, melainkan di wadah piring!

Baca Juga :  Hong Tang, Kenikmatan Dessert Unik Khas Taiwan.

Yaaah, meskipun piringnya piring plastik sih yaa. Tapi ini udah lebih baik dari franchise-franchise lain yang masih ajaa ngasih wadah kertas.

Kalian suka kepikiran ga sih? Udah keluar duit puluhan hingga ratusan ribu, tapi vibes-nya macem gembel. Ga ada mewah-mewahnya sama sekali. Kalo ditanya selalu alasannya ‘demi keberlangsungan lingkungan’, padahal kalo emang peduli lingkungan mah, mending balik aja ke piring dan mangkok yang bebas dari sampah.

Eh ini kenapa saya jadi misuh-misuh ya? Hahaha

Back to story, setelah porsi lengkap makanan tiba di meja. Kami pun langsung melahap pesanan dengan semangat huru-hara. Ayam gepreknya, asliiii ini mah juara pisan euy. Ayamnya empuk, dengan tingkat geprekan yang merata. Jadi pas digigit tuh bener-bener enak di mulut, kaga ngelawan. Ditambah lagi bumbu rempahnya yang pas banget, ga kepedesan dan juga ga hambar rasanya.

Tapi yang paling luar biasa tuh add-ons nya ya. Scrambled egg itu ga datang sendirian, tapi sekalian sama daun bayam crispy. Secara porsi sih scramble egg-nya ga banyak ya, tapi daun bayam crispy-nya itu lhooo, aduhai enak bwanget. Asin-asin gurih gitu, jadi mirip kayak rumput laut alih-alih daun bayam.

Terus buat teh-nya, itu tuh sedap banget. Pas saya mau minum tuh es nya udah hampir mencair, tapi rasa tehnya masih kuat banget. Pertanda bahwa ini tuh bukan teh murahan yang kebanyakan gulanya doang.

Terakhir buat nugget-nya, itu okay aja si. Isinya 5pcs dan dari segi kualitas dan rasa fine banget. Just average, so no comment!



Kesimpulan Akhir

Kalau kalian cari makanan cepat saji alternatif dari franchise asal Amerika yang sudah populer, maka Hotways adalah salah satu pilihan yang luar biasa untuk dicoba. Selain harganya terjangkau, penyajiannya cepat, serta cita rasanya yang sangat nikmat untuk lidah-lidah lokal.

Semoga aja franchise ini makin bertambah sukses yaa, biar ga susah nih kalo nanti mau melipir. Dan semoga ke depannya bisa pesaing utama atau bahkan bisa ngalahin franchise-franchise lain asal Amerika. Amiiiin.

Penilaian saya : 9/10

Bekasi, 24 Mei 2024
Selesai ditulis 3 menit menjelang berganti hari.


Semangat penulis kadang naik turun, jadi boleh lah support biar update terus.

Silahkan klik link dibawah
Atau bisa juga dengan cara transfer ke :

BCA : 6871338300 | DANA : 081311510225 | ShopeePay : 082110325124


Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

9 Comments

  • Wah makanan ini enak banget, kalau kompetitornya Jatinang** ga sih mas? sama-sama enak juga, untuk price nya juga lebih murah.
    Karena sekarang yang internasional di blokir, jadi larinya ke sini dan tetangganya. Haha

    • Nah, iyaaa.. sama sama ada crispy bayemnya juga. Tapi kalo Hotways ini kayaknya agak middle up dikit. Soalnya aku liat franchisenya aja nembus 750 juta.
      Mungkin ini ayam jatinangor versi instagrammable ya, ehehehe

  • Ada di Tenggilis Surabaya iniiii
    ga jauh dari rumahkuu.
    aku pernah satu kali belii.
    tapi waktu itu kyknya lagi laperr beudss
    jadi kagak motret2, langsung amblaasss masuk lambung
    kapan2 mau ke sana lagi ahhh
    sekalian bikin konten

  • Wiih bayam ya kirain daun singkong, wkwkwk. Kayaknya enak tuh makan nasi+ayam+scrambled egg+bayam. Harganya juga masih aman lah.

    Eh ada ayam yg gak pedes kan? soale judule ‘hot’ takut pedes semua.

  • Ayam gorengnya digoreng dengan tepung yang renyah dan bumbunya meresap sempurna hingga ke dalam. Rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis, membuat saya ketagihan untuk terus makan. Telur orak-ariknya juga lembut dan bayam crispynya memberikan tekstur yang unik pada paket ini.
    Mauuuu laaagihhhhhh

  • Amazing tempatnya instagramable banget, sudah gitu menu nya menarik ya. Terus penyajiannya super sat-set. Aku sih auto doain semoga segera banyak cabang-cabangnya di seluruh penjuru Indonesia. Supaya kalau mau makan fried chicken langsung ke Hotway’s aja. Mana murmer pisan, menu sebanyak itu under 100K makanan idaman

  • aku ga kepikiran sama tempat futsal hehehe
    mungkin karena aku langsung baca tulisannya hotways, meskipun awal-awal dulu ga paham nih tempat jualan apa hahaha
    di kotaku jember sini, lokasi gerai Hotways tinggal nyebrang aja dari depan kantor
    pas cobain pertama kali, agak salfok sama harganya, termasuk murah untuk ukuran gerai franchise ayam dibanding sama brand lain

    eh iya lho piringnya pake plastik, sama kayak di kotaku juga, mungkin SOP nya begitu

  • Wah enak banget nih kelihatannya, mana ada bayamnya lagi hihi lebih seimbang gizinya..sayangnya minumnya masih tiit…semoga nanti bisa jadi pertimbangan para owner-nya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *