Serunya Chatting pake Franz. Whatsapp, Tele, Skype, Ngumpul jadi Satu!

“Nomor elu tuh yang mana sih, kok gonta ganti mulu dah”, Protes salah seorang sobat saya yang mendapati chat saya muncul dari nomor yang berbeda. Saya hanya senyum secukupnya, dengan sedikit mengeluarkan aura pamer, tentu saja. Karena sejujurnya saya ini tipikal orang yang jarang gonta-ganti nomor. Nomor pribadi saja entah dari taun berapa masih awet saya pakai.

Satu hal yang perlu saya jelaskan ke sobat saya adalah, bahwa nomor saya emang banyak. Demi mendukung kelancaran perdagangan online, saya memang menggunakan banyak nomor whatsapp. Lebih detailnya : 3 nomor untuk jualan dan 1 nomor untuk keperluan pribadi yang aktif dalam 2 smartphone. Semuanya aktif!



Di samping itu, WhatsApp sendiri bukan satu-satunya media saya untuk berkomunikasi. Karena saya juga cukup aktif dalam sejumlah komunitas di Telegram. Aktif menanti live chat di Tawk.To, serta ragam media chatting lainnya. Nah, kalau sekedar aktif dari smartphone sih, seperti ga ada masalah apa-apa ya. Palingan rada lemot dikit, dan itupun masih bisa dihandle oleh duo hape saya yang made in tiongkok itu.

Sayangnya saya ini tipikal orang yang lebih sering pegang laptop / PC ketimbang buka laptop. Which means, seluruh aplikasi chatting itu biasanya saya hubungkan atau akses langsung dari laptop. Tanpa perlu pindah-pindah perangkat satu ke perangkat yang lain.

Disinilah masalahnya muncul. Untuk mengakomodasi akun whatsapp sebanyak itu, tentu saja bukan perkara mudah. Karena pada dasarnya Whatsapp itu hanya bisa terhubung lewat 2 metode : pertama via Browser (dengan ketentuan 1 browser untuk 1 akun), dan kedua via aplikasi native yang diunduh dari Windows Store. Artinya, kalau kita mau menghubungkan 3 akun whatsapp, kita harus menggunakan 1 aplikasi native, serta 2 browser yang berbeda.

Nah kalo mau konekin 4 Whatsapp gimana caranya dong? Mesti pake 3 Browser yang berbeda?

Iya, bisa pake cara itu tapi ya tentu saja repot. There’s so much distraction when switching from apps to apps. Dan percaya deh, saya sudah mencobanya sendiri dan hasilnya adalah susaaah banget buat bisa fokus.

Oke. Jadi sebuah solusi alternatif harus segera ditemukan. Tentu saja saya segera mengarungi internet. Berselancar kesana kemari untuk mencari sejumput jawaban. Dan akhirnya, saya menemukan solusi yang keren ini!

 

Franz : Messenger Client yang Lengkap dan Mudah Digunakan

Dari beberapa hasil pencarian, aplikasi bikinan wong Rusia ini berhasil menarik perhatian saya. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengumpulkan hampir semua layanan perpesanan populer ke dalam satu wadah. Menariknya lagi, kita bisa menambahkan lebih dari 1 layanan yang sama dengan akun yang berbeda.

Itu artinya, dengan menggunakan Franz ini saya bisa menghubungkan ke-empat nomor Whatsapp secara simultan. Tanpa perlu berpindah aplikasi, cukup berpindah antar tab yang diwakili oleh logo layanan masing-masing.

Daaaan sesuai yang saya jelaskan di atas, layanan perpesanan populer lainnya pun bisa kalian tambahkan ke Franz ini. Lumayan banyak pula ternyata. Ada sekitar 70 lebih layanan populer dan sepertinya akan terus bertambah karena developernya lumayan aktif memelihara aplikasi ini. Saya sebutkan beberapa diantaranya ya :

  • WhatsApp
  • Skype
  • Facebook Messenger
  • Telegram
  • Discord
  • Trello
  • Twitch
  • dan masih banyak lagi



Gimana Cara Installnya? Cara Pakenya?

Franz tersedia di hampir seluruh platform, mulai dari Windows, Linux hingga Macintosh. Langsung aja kunjungi situsnya di http://www.meetfranz.com dan download file instalasinya ya. Jangan kaget, ukuran instalasinya emang lumayan gede. Sekitar 130MB. Tapi gapapa, sepadan kok sama fiturnya.

Setelah aplikasi terpasang di laptop, kamu akan diminta untuk menambahan layanan. Langsung aja deh tuh tambahin layanan yang kamu mau. Kalo saya sih pasang Telegram, Whatsapp, Tawk.to dan Gmail. Kebetulan memang keempat layanan itu yang sering saya gunakan.

Just a tips : Kalian bisa menambahkan icon khusus lho! Ini cukup berguna untuk membedakan layanan sama yang diinstall lebih dari satu. Jadi ga sering ketuker-tuker.

Satu catatan penting yang perlu saya jelaskan, bahwa si Franz ini cukup rakus memori! Ya, semakin banyak layanan yang kalian tambahkan, maka semakin banyak juga alokasi memori yang harus diarahkan untuk menjalankan aplikasi. Saran saya, sebaiknya siapkan komputer / laptop dengan RAM minimal 8 GB kalau mau benar-benar santai menggunakan Franz. Saya sih, sejauh ini masih aman-aman aja. Secara performa bisa dibilang aplikasi ini cukup stabil dan jarang sekali crash.

Selain fitur multi-account yang jadi andalan, Franz juga punya fitur lain yang perlu dicoba seperti Franz To-Do. Tapi fitur dalam franz to-do terlalu terbatas untuk saya yang sudah terbiasa menggunakan microsoft to-do. So, i think nothing to discuss.



What we like : Layanan lengkap, mudah digunakan, stabil / jarang crash
What we don’t : boros memori

Link Download Franz untuk PC : https://meetfranz.com/#download
Gratis untuk digunakan

 

 

Bekasi, 24 Februari 2021
Ditulis sembari menunggu kurir ojol yang tertahan hujan deras

More Reading

Post navigation

13 Comments

    • Kalo pake hape masih sering conflict interest mas. Tapi begitu di laptop mah aman, hehehe. Soalnya ga banyak transisi

  • Wah kok menarik sih, jadi semuanya bisa dijangkau di desktop. Cocok banget buat yang jualan hehehe. Tapi aman kah appnya? Atau pernah kebobolan akunnya? Soalnya klo securitynya ga tight, lumayan juga nanti akunnya diambil atau hilang :’)

    • Ini aku udah pake lumayan lama sih, hehehe. Sejauh ini belum ada issue kak masalah security, dan jangan sampe tentunya.

  • Saya baru tau Franz ini. Tapi jujur saya masih lebih milih pake aplikasi yang resmi-resmi aja 😀 Dan belum butuh untuk saat ini. Karena memang ga punya banyak akun juga. Cuma satu WA, dua email, dan medsos pun cuma 1 aja 😀

    • Aku juga baru tahu franz ini dari postingan ini. Astaga kemana aja. Wkwkwk padahal ini yang aku butuhkan mbak. Soalnya tiap hari butuh buka beberapa aplikasi chat .

      Aman kan ini mbak yaaa?

  • Wah, untuk yang aktif di beberapa messenger sekaligus, akan terbantu sekali ya kalau menginstal franz ini. Apalagi kalau sehari-hari membuka aplikasi messenger di laptop. Jadi ga pusing-pusing switch app.

  • Wah Mas, dirimu aktif sekali ya! Hehehe.

    Mungkin kalau aku punya banyak akun WA atau Tele atau media chat lainnya, aku bakal install Franz ini. Sayangnya aku orangnya pemalu, jadinya cuma punya 1 akun WA dan 1 akun Tele yang jarang dibuka.

    Opo maneh FB messenger. Bukanya sebulan sekali! Wkwkk.

    Tapi berarti Franz ini tidak untuk didownload di hp kan? Harus via PC/Laptop ya?

  • dulu aku pertama kali pakai whats app di laptop takjub banget karena enak banget yah kan chating tinggal ketik2 doang, kirim dokumen2 atau foto juga gampang gak usah lagi pakai email semua bisa di wa eh ini adalagi franz kembali takjub lagi jadi gak repot2 buka2 banyak tab di layar laptop yah cukup satu aja semua aplikasi chating bisa kumpul disini dan terpantau sama kita.

    mantap dan bermanfaat sekali ini infonya mas, thanks yah

  • Aku baru tahu tentang Franz serta layanan untuk menyatukan berbagai aplikasi di sana. Tapi yang ingin aku tanyakan, apakah Franz bisa juga dimasukkan di hape? Karena aku terbiasa kerja dari hape, mulai nulis catatan jualan di WPs. Office. Share di sosmed, sampai nulis blog. Dan untuk nomor WA, aku masih cukup dengan satu nomor aja, gak pernah ganti juga dari awal punya hape

  • Baru tahu nih ada aplikasi ini. Pastinya membantu banget ya buat yang punya banyak akun. Tapi pernah kejadian nggak mas ketukar pesan pas buka banyak akun begini? He

  • Eh aku jadi ingat dulu kejadian ga enak sama Skype
    Tiba tiba ada yang nawarin ngasih lihat kamera tele. Ternyata malah iiihhh amit amit dah yang dikasih lihat apa
    Aku langsung uninstall skype wkwkwkw
    Takut banget aku

  • Wah menarik sih ini. Bagi para pebisnis online akan sangat membantu bila harus login no admin secara bersamaan di pc.
    Aku sepertinya mau coba download juga deh, karena aku punya beberapa nomor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *