Tips Kirim Banyak Paket Instant dengan Gosend Portal

Di era perkembangan teknologi digital saat ini, segala sesuatu selalu dituntut untuk semakin cepat dan instan dari waktu ke waktu. Mulai dari internet yang makin ngacir, prosesor mobile yang makin ngebut, serta berbagai layanan berbasis teknologi informasi selalu dituntut untuk menghadirkan kecepatan dan bisa diakses seinstan mungkin.

Pun begitu juga dengan dunia jual beli online yang telah saya tekuni selama beberapa tahun ini. Ada sebuah perubahan kebiasaan masyarakat yang saya rasakan, dimana makin kesini orang-orang semakin menuntut agar barang yang ia pesan dapat segera ia terima secepat mungkin sejak melakukan checkout pesanan.

Untungnya, tuntutan masyarakat Indonesia akan kecepatan pengiriman tersebut telah terjawab oleh hadirnya layanan pengiriman instan berbasis ojek online yang dihadirkan oleh Gojek; atau yang biasa kita sebut dengan Gosend ini. Layanan yang dihadirkan sejak (kurang lebih) tahun 2014 ini telah menjadi solusi bagi banyak orang untuk mengirimkan paket dengan instan dan sampai di hari yang sama.



Secara garis besar, ada dua jenis layanan pengiriman yang ditawarkan oleh Gosend, yakni Sameday Delivery dan Instant Courier. Tenang saja, baik keduanya tetap menjamin paket sampai di hari yang sama kok. Yang membedakan adalah tarif serta waktu pengiriman saja. Kalau pakai sameday, waktu pengirimannya lebih lama karena kurirnya anter ke beberapa tempat. Sebaliknya, kalau pakai instant courier paket jadi lebih cepat sampai tapi dari segi tarif jadinya lebih mahal. Lebih enak yang mana? Ya itu sih tergantung kebutuhan aja.

 

Jualan daging pun kirimnya pake ojol

Nah, asal kalian tau aja ya. Layanan operasional toko daging online saya, Dagingnesia, itu pun sangat bergantung pada kehadiran Gosend ini. Yap, dengan pengiriman berbasis ojol ini saya jadi bisa menjangkau lebih banyak pelanggan meskipun mereka berada jauh dari lokasi toko. Mau ngirim ke Tambun, Tebet, Jagakarsa atau bahkan ke Tangerang sekalipun. Semuanya bisa.

Apalagi, sebagai penjual online saya pun ga tebang pilih dalam urusan menerima pelanggan. Mau tua maupun muda, semuanya senantiasa saya layani dengan baik. Kalau customer saya ternyata rada-rada gaptek, biasanya saya akan terjun langsung untuk bantu ngurusin pesanannya. Jadi cukup chat di whatsapp saja, berisi daftar pesanan serta alamat yang akan dituju. Selanjutnya saya sendiri yang akan menghitung dan memesan ojol ke alamat customer tersebut. Untuk yang satu ini saya biasanya nyebutnya Orderan Manual.

Baca Juga :  Review Jujur Redmi Pad SE - Tablet 2 Juta Terbaik?




Ngurusin orderan manual sendiri mungkin terdengar repot dan melelahkan. Bayangin aja, kita harus menghitung total pesanan, mengecek berapa ongkirnya di aplikasi gosend, kemudian nyari alamat buat mesen kurir ke pembeli. Membacanya saja sudah terasa sangat merepotkan, apalagi ngelakuinnya ya, hehehe.

Eits, jangan salah, hampir 30% pesanan yang masuk di Dagingnesia itu orderan manual lho.

Untungnya, sejak akhir tahun 2020 kemarin Gosend sepertinya mendengarkan keluhan orang-orang seperti saya ini. Karena memesan Gosend dalam jumlah banyak dari smartphone terasa sangat repot dan melelahkan, maka akhirnya mereka pun meluncurkan layanan baru yang bisa diakses dari desktop atau laptop Yap, inilah Gosend Portal.

Apa itu Gosend Portal? Sederhananya, ini adalah layanan Gosend yang bisa diakses lewat browser kamu macem Mozilla Firefox atau Google Chrome. Karena diaksesnya dari komputer, maka proses cari mencari dan menentukan alamat pun bisa jadi lebih cepat dan efisien ketimbang dari smartphone. Trus ditambah lagi, dengan layanan Gosend Portal ini kita bisa bikin banyak pengiriman dalam satu order. Jadi mau ngirim dua, empat, enam atau sepuluh paket sekalipun, kini kamu bisa kamu pesan sekaligus dalam satu waktu.

Gimana? Mangstap kan. Yuk,selanjutnya kita bahas lebih dalam ya.

 

 

Cara Untuk Meng-akses & Registrasi

  • Untuk mengakses Gosend Portal, kamu tinggal klik aja https://portal.gosend.id
  • Kalo belum punya akun, silahkam klik tombol Daftar kemudian Isi data diri selengkapnya untuk kemudian dilakukan proses verifikasi terlebih dahulu. (Jangan lupa siapin KTP ya)
  • kalo verifikasi diri sudah diterima, berarti akun kamu sudah aktif dan kamu bisa langsung mengakses halaman GoSend Portal sekarang juga.

 

 

Cara Untuk Membuat Pesanan

  • Begitu masuk Gosend Portal, kamu akan dibawa langsung ke halaman ‘Buat Pesanan’. Disini, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah adalah menambahkan alamat pengambilan barang. Jangan lupa klik ‘Simpan’ ya biar alamatnya tersimpan dan ke depannya kamu bisa skip poin nomor satu ini.
  • Selanjutnya, kamu perlu memasukkan alamat dan nomor penerima di kolom bawah. Usahakan antara alamat yang diketik dengan titik yang di-input ke maps sama persis ya. Biar ga kena damprat sama bang ojol, hehehe
  • Masukkan detail barang (misal : buku, baju, dokumen), kemudian pilih jenis layanan yang kamu mau. Bisa sameday atau instan ya, seperti yang saja jelaskan di paragraf awal.
  • Oya, jangan lupa ya untuk layanan sameday itu cuma tersedia di pukul 08.00 hingga 15.00 saja. Lewat dari itu layanan sameday tidak bisa dipilih dan hanya muncul opsi untuk mengirim via kurir instan saja.
  • Klik tombol ‘Konfirmasi pesanan’, cek ulang alamat pickup dan pengantaran lalu klik ‘Lanjut ke Pembayaran’
  • Di halaman pembayaran, kamu akan disuguhkan sebuah QR code berbentuk persegi. Silahkan ambil smartphone kamu lalu scan QR code tersebut dengan aplikasi Gojek ya.
  • Saldo Gopay kamu di smartphone akan terpotong, dan transaksi akan dilanjutkan secara otomatis
Baca Juga :  Serunya Chatting pake Franz. Whatsapp, Tele, Skype, Ngumpul jadi Satu!

 

Agak ribet sih, tapi okelah.

 

 

 

Cara Kirim Paket Ke Beberapa Alamat Sekaligus

  • Masih di halaman utama Gosend Portal. Yang perlu kamu lakukan adalah klik tab ‘Banyak Alamat’ yang ada di sisi atas.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengulang proses pemesanan seperti di paragraf sebelumnya. Dan untuk menambah pesanan, kamu tinggal klik tombol ‘+Tambah Alamat’ berwarna hijau yang ada di sisi bawah.
  • Kamu bisa nambahin alamat untuk pengiriman sekaligus hingga 20 pengiriman berbeda lho!



Cara Melacak Posisi Driver yang Mengantar

  • Klik tab ‘Pesanan’ yang ada di sebelah kiri. Kemudian pilih transaksi mana yang ingin kamu pantau.
  • Di halaman Detail Pesanan, silahkan scroll ke bawah lalu klik tombol ‘Lacak Pesanan’ di sebelah kiri bawah.
  • Kalau kamu ingin berbagi posisi driver ke customer, silahkan copy saja alamat yang muncul address bar lalu kirimkan ke customer kamu.

 

 

Kalau mau cancel orderan gimana?

  1. Tinggal masuk ke tab ‘Pesanan’. buka pesanan yang ingin kamu batalkan kemudian klik tombol ‘Cancel’.
  2. Selanjutnya saldo akan kembali ke akun gopay kamu dalam beberapa menit.

 

 


Pendapat pribadi saya :
Plus : Bisa kirim ke beberapa tempat sekaligus, lebih cepet ketimbang pake smartphone.
Minus : Terpisah dari akun gojek, jadi agak ribet untuk payment musti scan dulu.

 

Oke, demikianlah pembahasan mengenai Gosend Portal yang jadi andalan saya selama beberapa bulan terakhir ini. Kalau kamu merasa terbantu dengan artikel yang saya tulis ini, jangan lupa klik tombol kuning dibawah buat beliin saya kopi item gocengan ya.

Masih ada yang kurang jelas? Livechat aja di sebelah kanan bawah. Yuk, kita berdiskusi.

Nih buat jajan

 

 

Bekasi, 07 Oktober 2021
Ditulis sambil duduk di balkon coffee shop yang kursinya keras banget

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *