Liburan Murah Meriah ke Taman Mangrove, Pantai Indah Kapuk

Sabtu pagi kemaren sepertinya menjadi salah satu paling pe’a dalam hidup gue.
Jam menunjukkan pukul 07.45 ketika gue udah berdandan ria secakep-cakepnya. Dengan batik motif kelir-kelir celurit, bawahan celana lepis cutbray dan ga ketinggalan parpum adidas boleh beli dari indomaret, gue pun santai menatap bayangan di cermin sambil nyengir.

“Are You ready for today’s jobs bro?”..
.. Tiba-tiba gue bengong sendiri. Semacem ada yang lupa, tapi apaan gitu ya.
Gue bengong sekian detik sampe akhirnya nyadar..
Jirrr.. hari ini kan liburr -___-
Lah, ngapain juga ya dari pagi gue beresin laptop dan seisi tas bawaan gue kalo emang libur. Dasar emang ye mental karyawan, bawaannya kalo bangun pagi gawe mulu.
Dan gue pun segera jadi panik dadakan..
“Mesti kemane yee hari ini? ahh parah bener ni kalo sampe seharian gua ga kemana mana. Gue mesti jalan-jalan! Tapi kemana ya…… etdah”.
Oh, iye.. coba gue tanya Riska dah. Setau gue tu orang emang paling tau tempat-tempat jalan sekitaran jakarta deh, apalagi yang murah-murah, hehehe.
Langsung aje dah gue kirim BBM ke die, “ka, liburan mau kemane lo?”. Ga berapa lama riska ngebales, “Mau ke taman wisata mangrove. Ngape lau?”.
Taman wisata mangrove? dimane tuh.. boleh juga ni keknya. Gue pun segera browsing di hape mulai dari ongkosnye, angkutannye sampe hal-hal detil macem larangan motret dan sikap kang jaga kantinnye yang katenye sih jutek (jirr dipikirin amat yak).
“Lo mau berangkat kapan ka?”, tanya gue. “Hari ini. wkwkwk. Niih lagi otw”, bales riska.
“Mancapp, gue juga otw ahh”, kata gue. “Dih oneng, mau kemane lu?”. “Ya kesitu.. wkwkwk udeh dah gw otw”. Dan gue akhirnya gue langsung berangkat dengan sebegitu buru-burunya..
Dari tugu pancoran, gue naek busway sampe halte semanggi. Nah, dari situ tinggal turun deh, transit ke arah Blok-M Kota.
Jam 08.10, jalanan semanggi masih sepi kek hati para jomblo
Baca Juga :  Sea World dan Nostalgia Bersama Coelacanth
Dari semanggi transitnya mayan jauh, dan tinggi benerr jembatannya. Ga cocok buat yang fobia tinggi
Nah, kalo kalian udah naek busway jurusan Blok M – Kota, nanti kalian turun dah di halte monas. Nunggu mobil bis yang namanya BKTB alias Bus Kota Terintegrasi Busway. Warna dan coraknya kurang lebih mirip mobil transjakarta, cuman ukurannya lebih kecil. Nanti kalian turun di halte Pantai Indah Kapuk (PIK).
Kaya gini nih bisnya. Jadi jan sampe salah naek, kalo ntar tiba-tiba nyampe ke Hogwarts kan repot.
Perjalanan dari monas ke pik makan waktu kurang lebih 1 jam, itu juga tergantung faktor jalanan dan mood sopirnya, kalo sopirnye lagi galau si mabelas menit nyampe juga bisa kali #yaelahbroh.
Kalo turun di PIK, kalian kena ongkos tambahan Rp
2.500. Dan kalo kalian naik dari PIK di luar halte Transjakarta, dikenai ongkos Rp
6.000.
Turun dah gue di Sekolah Buddha Tzu Chi, dan dari situ jalan ke dalem sekitar 600 meteran. Sekali lagi itu juga tergantung mood, kalo elo lagi galau bisa aje dua jam baru maju semeter yekan.
Dosa besarr.. dosa besar..
Mesjid Al-Hikmah, sekian meter dari pintu masuk.
Jenis tanamannya, pelajarin broh sapetau mau nyoba nanam di belakang rumah
Fasilitas disini lumayan lengkap, mulai dari kantin, penginapan sampe perkemahan ada. Ada juga beberapa pos yang bisa kalian pake buat ngadem dan satu menara buat ngintip mangrove dari ketinggian.
Noh menaranya, tingginya kurang lebih 7 meteran
Berani juga kan gue.. alias ni difoto sambil gemeteran
Masuk ke dalam.. kalian bakal nemu papan bertuliskan Pantai 50M, lumayan jauh si broh.. Tapi lumayan lah jalannya ngelewatin mangrove, jadi adem. Sayangnya ujung-ujungnya kalian bakal di-PHP in karena ternyata ternyata ujungnya cuma pinggiran pantai yang sepertinya sih masih dibangun.
Gue juga berasa kecewa, dah jalan jauh-jauh.. eh gataunya gitu doang isinya PHP benerr lu jirr -__-
Krik.. krik.. pantainya begini doang broh
Baca Juga :  Pengalaman Pertama Pulang Kampung via Bus Primajasa Bekasi - Kuningan

Informasi

Tiket Masuk

  • Tiket masuk turis lokal: Rp 25.000/orang
  • Tiket masuk turis asing: Rp 125.000/orang
  • Parkir sepeda motor: Rp 5.000/unit
  • Parkir mobil: Rp 10.000/unit
  • Parkir bus: Rp 50.000/unit
  • Kamera selain kamera ponsel: Rp 1.000.000 (maksimum 7 orang)

Paket Wisata dan Sewa Perahu

  • Paket menanam mangrove: Rp 150.000/orang
  • Paket menanam mangrove dengan papan nama: Rp 500.000/orang
  • Sewa perahu: Rp 250.000/6 orang/perahu
  • Sewa perahu: Rp 350.000/8 orang/perahu
  • Sewa kano/perahu dayung: Rp 100.000/45 menit

Penginapan

  • Rumah tenda (camping ground) di atas tanah: Rp 300.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Rumah tenda di atas air tanpa AC: Rp 450.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Rumah tenda di atas air dengan AC: Rp 600.000/malam, kamar mandi luar, max 2 orang
  • Villa bervariasi, mulai dari Rp 1.300.000 hingga Rp 6.000.000 per malam

Cara Mencapai Lokasi

  • Peta: Google Maps
  • Menggunakan BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) Transjakarta Monas-PIK, turun di Sekolah Tzu Chi
  • Naik Transjakarta arah Pluit, turun di halte Penjaringan, transit arah Pantai Indah Kapuk dengan BKTB, turun di Sekolah Tzu Chi
  • Dari arah tol Bandara Soekarno-Hatta, keluar tol arah Kapuk Muara,
    Pantai Indah Kapuk arah Waterboom, Golf & Garden House, Sekolah Tzu
    Chi
  • Dari tol Pluit keluar Muara Karang masuk Pantai Indah Kapuk, Rumah Sakit PIK, Waterboom Golf & Garden House, Sekolah Tzu Chi
  • Dari tol JORR Lingkar Barat keluar Pantai Indah Kapuk belok kiri lewat Golf & Garden House, Sekolah Tzu Chi

Pas mau pulang baru deh gue ketemu lagi ama riska dan temen temennye. Gile yee liburan ngedadak benerr.. tapi seru broh. Dan ga seberapa lama gue pun pulang.. naek BKTB lagi menuju pancoran..

Nah itu dia liburan gue broh.. gimana liburan kalian?

Abang sopir busway.. mari mari sini.. aku mau naek..

 

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *