Yuk, Semangat Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Ada yang masih ingat dengan video berikut yang pernah viral beberapa tahun lalu?

Di video tersebut, ada anak sekolah yang di-prank oleh seseorang yang berpura-pura menggunakan bahasa Thailand. Si anak pun nampak kebingungan, dan lucunya ia malah salah mengira orang asing tersebut berbicara dengan bahasa Inggris. Akhirnya keluarlah sebuah kata-kata legendaris yang seringkali dipakai untuk berbagai jokes dan meme hingga saat ini.

“Gak bisa bahasa Inggris,” ujarnya.

Lucu? Ya, memang. Tapi sayangnya video tersebut sejatinya menjadi pengingat sederhana akan sebuah fakta menyedihkan yang ada di negara kita.

Ya, faktanya memang mayoritas orang-orang Indonesia itu belum mampu berbahasa asing.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) , 86,20% penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas menguasai Bahasa Indonesia. Namun hanya 2,38% yang mampu berbahasa asing.

Sementara laporan lain pun mengatakan, bahwa dari generasi post-gen Z yang tidak mampu menguasai bahasa Indonesia hanya 0,21% yang menggunakan bahasa asing. Bahkan, hanya sekitar 7 dari 2000 penduduk Indonesia menggunakan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari.

Wajar, kalau dalam Indeks Kecakapan Bahasa Inggris (EPI) 2022: Indonesia menduduki peringkat 81 dari 111 negara dengan skor 469, tergolong kategori “low proficiency”.

Hal ini tentu cukup pelik, mengingat dalam arus globalisasi yang kian deras, kemampuan berbahasa asing tentunya menjadi sebuah tuntutan. Dengan menguasai bahasa asing, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti menghadirkan daya pikir yang tajam dan up to date, akses menuju jejaring Internasional, serta peluang untuk karir yang lebih baik.

Pertanyaannya, Bagaimana caranya untuk menguasai bahasa asing?


Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Proses menguasai bahasa asing, tentu tidak instan seperti membalikkan telapak tangan. Ini adalah sebuah proses panjang yang melibatkan intuisi, repetisi, serta berbagai proses di dalam otak hingga akhirnya sebuah bahasa mampu diserap dengan baik dan sepenuhnya.

Dalam hal ini, penting sekali untuk memulai proses pembelajaran bahasa asing seawal mungkin, sedini mungkin.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa saat terbaik untuk memperkenalkan bahasa asing pada anak adalah sebelum mereka berusia 10 tahun. Menurut Babak Ghasemi dan Masoud Hashemi dalam penelitiannya mengenai pembelajaran bahasa asing di masa kanak-kanak, disebutkan bahwa semakin dini seorang anak diperkenalkan dengan bahasa baru maka hasilnya akan menjadi semakin baik.

Disebutkan pula bahwa anak-anak yang belajar Bahasa asing sejak dini dapat menangkap dengan lebih cepat, serta menyimpan apa yang mereka pelajari dengan lebih baik. Hasil akhirnya, mereka juga mampu berbicara dengan lebih fluent, dengan pelafalan layaknya seorang native speaker.

Mungkin itulah kenapa, orang-orang yang mulai berumur seperti kita biasanya akan lebih sulit dalam mempelajari bahasa asing. Selain karena masalah biologis seperti Plastisitas otak dan kemampuan kognitif yang menurun, tanggung jawab dan kesibukan kerja seringkali membuat belajar bahasa menjadi hal yang rumit.

Maka dari itu, adalah hal yang baik jika pembelajaran bahasa asing ini sudah bisa dihadirkan dari sejak dini. Pun begitu juga dengan diriku. Karena untuk putriku yang masih kecil, Aku bertekad untuk kelak menghadirkan pembelajaran dan kursus bahasa asing terbaik.

Lagipula, mengajarkan bahasa asing untuk anak itu tak sesulit itu kok. Toh, Anak-anak kecil zaman sekarang itu sudah mulai banyak dimanjakan dengan teknologi. Berbagai konten berbahasa asing sudah menjadi tontonan sehari-hari. Lagu-lagu yang diperdengarkan banyak yang berbahasa asing. Bahkan, Gawai dan aplikasi yang digunakan pun seringnya menggunakan bahasa asing.

Tugas kita para orang tua dari sisi parenting, sebenarnya lebih mudah. Cukup dukung buah hati, pantau perkembangannya, dan arahkan dia untuk bisa belajar bahasa asing lebih baik lagi.

Gimana caranya untuk mendukung anak kita berbahasa asing dengan lebih baik?

Izinkan saya merekomendasikan sebuah platform bernama CAKAP!

Yuk Kenalan sama Platform Bernama Cakap

Buat yang belum tau, Cakap adalah sebuah platform pendidikan online berbasis di Indonesia, yang menawarkan kursus bahasa asing dan program upskilling secara online.

Disini, tersedia berbagai kursus bahasa seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea untuk berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Metode pembelajaran di platform ini, menggunakan sistem dua arah dengan guru lokal maupun asing, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara siswa dan pengajar.

Bahkan ga cuma itu, di Cakap juga kamu bisa menemukan program pelatihan bersertifikat dalam berbagai bidang seperti hospitality, marketing, dan teknologi, yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan profesional dan membuka peluang karier baru bagi para pesertanya.

Belajar bahasa asing, ada. Mau upgrade skill, juga ada. Kurang lengkap apa coba?



Belajar Sejak Dini, Bersama Cakap Kids

Nah, kembali ke pembelajaran bahasa asing untuk anak. Dari sekian banyak platform yang bertebaran diluar sana, saya sangat merekomendasikan Cakap untuk jadi pilihan platform pembelajaran sang buah hati. Kenapa?

Karena Cakap punya produk bernama Cakap Kids, yang tersedia dalam dua format berbeda. Ada kelas online dan juga kelas offline. Pilihan yang fleksibel ini tentu bikin kita jadi ga perlu pusing deh cari tempat Kursus Bahasa Asing Anak.

Aku bantu jelasin tentang kelas online-nya dulu ya!

Untuk format kelas online di Cakap, saat ini ada 2 paket bahasa asing ya. Ada bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

(1) Cakap English Kids

Di kelas English Kids ini, anak bisa belajar bahasa Inggris secara online bersama para pengajar profesional. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Cambridge, yang juga dirancang berdasarkan CEFR dan ditujukan untuk anak usia 4-14 tahun.

Ada 6 level tersedia yang terinspirasi dari metamorfosis kupu-kupu, yakni Eggs, Young Caterpillar, Caterpillar, Pupa, Butterfly, Fly High.

  • Eggs : Untuk 4-5 tahun, setara CEFR Level 0. Permainan yang bervariasi dan menarik diawasi oleh pengajar berbahasa Inggris yang kompeten untuk membantu si Kecil menikmati bahasa Inggris sebelum mereka mulai belajar.
  • Young Caterpillar : Untuk 6-9 tahun, setara dengan CEFR level Pre A1 Starters. Si kecil memiliki mekanisme alami untuk memperoleh dan belajar bahasa pada tahap ini. Anak-anak menjadi dewasa secara kognitif, imajinatif, dan kreatif.
  • Caterpillar : Untuk 10-11 tahun, setara dengan CEFR level A1 Movers. Pada tahap ini, murid diharapkan tidak hanya menguasai kemampuan berbahasa, tapi juga mengembangkan semangat belajarnya.
  • Pupa : Untuk 11-12 tahun, setara dengan CEFR level A2 Flyers. Murid dimotivasi oleh rasa ingin tahu dan kegembiraan yang datang beriringan dengan memperoleh informasi.
  • Butterfly : Setara dengan CEFR level B1-B2. Memberi murid kesempatan unik untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan berbicara mereka dengan berbagai topik.
  • Fly High : Setara dengan CEFR level C1-C2. Setiap sesi menyertakan penguatan tata bahasa untuk membantu murid berbicara lebih lancar

(2) Cakap Mandarin Kids

Kalau mau ambil kelas mandarin untuk anak, disini ada juga ya. Tersedia dalam 6 level yaitu level Beginner-A1, Beginner-A2, Intermediate-B1, Intermediate-B2, Advance-C1, dan Advance-C2.

  • Beginner-A1: Anak belajar 10 topik bahasa Mandarin, seperti, 拼音 – pīn yīn (nada baca), 数 字 – shù zì (angka), dan 身体 – shēn tǐ (anggota tubuh).
  • Beginner-A2 : Anak belajar materi yang lebih beragam, seperti 颜 色 – yán sè (warna), 我 的 家 庭 Wǒ de jiā tíng (keluarga), dan lainnya.
  • Intermediate-A1: Anak akan belajar materi bahasa Mandarin subjek, kata tunggal, dan jamak.
  • Intermediate-A2 : Materi bahasa di level ini mengarah pada aktivitas, seperti belajar kosakata tentang olahraga, makanan, hingga aktivitas di rumah.
  • Advance-C1 : Pada level ini, si Kecil akan belajar tentang negara, pakaian, dan kosakata yang digunakan ketika berbelanja.
  • Advance-C2: Level terakhir, di mana anak akan belajar bagaimana mengungkapkan apa yang dirasakan, kegiatan di sekolah, tamasya, dan membuat kalimat sederhana.

Gimana, lengkap banget kan? Nah, sekarang aku lanjut jelasin tentang kelas offline-nya ya. Kalau untuk kelas offline, itu namanya Cakap Kids Academy.



Cakap Kids Academy, Kelas Offline Unggulan!

Cakap Kids Academy adalah tempat seru belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini dengan format kelas offline. Si Kecil dapat melatih kemampuan kognitif, motorik, dan sensoriknya meliputi pembelajaran soft skill hingga hard skill.

Lewat kursus offline ini, kita bisa membuka potensi si Kecil melalui kelas bahasa yang interaktif dan kelas tematik yang melatih kemampuan bahasa Inggris melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan.

Contoh kegiatan Cakap Kids yang bisa dilihat melalui kanal Youtube berikut :

Beberapa keunggulan dari Cakap Kids Academy, diantaranya :

  • Metode Belajar yang Sesuai : Pembelajaran menggunakan metode EXPERT (Explore – Practice – Certify) yang memadukan eksplorasi perkembangan kognitif dan motorik anak.
  • Mengadaptasi Fun Learning : Pembelajaran terasa lebih menyenangkan dengan adanya fasilitas playground dan konsep kelas tematik.
  • Extra Class : Tersedia sesi konsultasi untuk membantu si Kecil mengerjakan PR dari sekolah.
  • Akses Area Bermain : Sarana bagi si Kecil untuk aktif bersosialisasi dan mendorong perkembangan personalnya melalui permainan berkelompok di taman bermain anak (playground).
  • Pertemuan Pengajar & Orang Tua : Cakap menyediakan ruang pertemuan bagi pengajar dan orang tua untuk berdiskusi tentang progres belajar serta penilaian tentang kemampuan si Kecil.
  • Wisuda & Sertifikasi : Di akhir program, akan ada sesi wisuda dan pembagian sertifikasi. Ini merupakan selebrasi pencapaian belajar si Kecil dengan perayaan kelulusan dan validasi keterampilan bahasanya.

———

Gimana, udah mulai tertarik dengan berbagai produk dari Cakap, khususnya untuk anak-anak?

Kalau kamu tertarik untuk mencoba, yuk segera download aplikasi Cakap di Play Store dan App Store. Jangan lupa juga, gunakan kode referal : FAJCKPSWGZIUN

Eh, apa jangan-jangan selama ini kamu malah sudah jadi pengguna aktif aplikasi Cakap? Kalau begitu, coba ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yaa.


Bekasi, 28 Mei 2024
Tulisan ini disertakan dalam lomba yang diadakan oleh Cakap.com


Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

28 Comments

  • Bahasa asing terutama english penting banget yaa apalagi banyak buku dan video edukasi yang berbahasa inggris. Jadi anak sejak balita emang perlu diajari bahasa inggris agar nanti gedenya sudah cas-cis-cus dan kalau bisa kuliahnya juga di luar negeri dong.

    • Betul, kalau sudah was wes wos bahasa inggris, ada kemungkinan nantinya bisa dilanjut beasiswa keluar negeri ya mbak

  • Sepakaatt bangettt Kak.
    yang namanya belajar bahasa asing super duper pentiiinggg

    apalagi anak2 kan dah masuk era di mana persaingan bebas dan digital
    things yg sangat menuntut skill bahasa asing yah

    • Iyaa, banyak yang ogah-ogahan mempelajarinya.
      Padahal sekeliling kita bahasa asing banyak banget. Harus dipupuk sejak dini.

  • wow keren banget ini aplikasi CAKAP, lengkap ada pembelajaran online dan offline serta pilihan bahasa yang sekarang sedang banyak digemari yaitu inggris jepang korea dan mandarin

    tapi bener sie mas klo bisa ajarin si kecil balajr bahasa asing sejak dini,,kita bicara dengan berbagai bahas nantinya di sptnya juga akan belajar memahami ya kan..dan yang penting itu kemampuan bicaranya karena banyak yg bisa bhasa asing tapi pasif begitu mulai ngomong dia bingung menyusun kata2 nya eh kok curcol wkwk

    • Biasanya kalo gitu kurang banyak prakteknya mbak. Lebih banyak textbook.
      Jadi jagonya cuma teori aja, tapi pas speakingnya jadi terbata-bata.

  • Keren banget CAKAP, semakin lengkap dan sangat solutif buat jadi salah satu tempat belajar bahasa asing bagi anak-anak.
    Tahun lalu, daku sempat kursus bahasa Korea via CAKAP, memang seru dan mendetail banget nih.
    Kebayang ya, kalau anak-anak sejak dini sudah terbiasa belajar berbagai bahasa asing, pastinya bakalan memudahkan mereka dalam memperoleh peluang-peluang besar. Pastinya mereka pun akan lebih percaya diri saat bersosialisasi.
    Jadi kepikiran buat daftarin keponakan belajar bahas Inggris di CAKAP, mumpung dia masih balita nih, katanya kan golden age ya.

    • Betul mbak, mumpung usianya masih muda jadi gampang untuk ngebentuknya.
      Kalo udah dewasa, bukan berarti ga bisa. Tapi tantangannya jauh lebih sulit.

    • Setahu saya belum mbak. Fokusnya hanya ke bahasa Indonesia saja.
      Sebab tiap daerah punya bahasa Ibu masing-masing. Jadi sebenarnya kalau belajar inggris, kitorang sudah kuasai 3 bahasa.

  • Bahasa asing penting, setuju bangettttt. Apalagi di jaman global begini, perusahaan besar biasanya minta staff yg bisa berbahasa asing. Bahkan interview aja pakai BHS inggris.

    Penting jadinya membiasakan anak utk belajar bahasa asing sedini mungkin.

    Anakku yg pertama diksh kemampuan mudah menyerap bahasa mas. Aku dan suami ga pernah ngajarin dia bahasa inggris tp dia tahu2 bisa, hanya Krn YouTube.

    Skr pun dia LG belajar bahasa jepang dan Jerman , semuanya sendiri.

    Tapi adiknya, wassalam lah . Ini yg harus aku cariin guru atau pakai aplikasi kayak cakap . Aku walo bisa bahasa inggris, tp ga berbakat ngajar. Emosi pasti. Jadi drpd anaknya trauma, mending pakai guru kursus.

    Nanti aku mau cek2 aplikasinya, kalo cock bisa banget nyuruh si adek utk ikutan

    • Aku pun belum nemu bakat anakku mbak. Kayaknya sih pinter ngomongnya, tapi blm tau apakah bakal lancar ga belajar bahasa asingnya.
      Cara terbaiknya ya mending sekalian daftarin kursus sejak muda mbak.

  • Iya nih anak-anakku sejak dini kuajak belajar bahasa asing soalnya bisa jadi modal mereka di masa depan. Kalau bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing ya..coba ah intip aplikasi Cakap..

  • Setuju sekali dengan pendapatnya kak. Belajar bahasa asing sejak dini memang memberikan banyak sekali manfaat bagi anak-anak. Otak anak-anak bagaikan spons yang mudah menyerap informasi baru. Di usia dini, mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk mempelajari bahasa baru dengan cara yang alami dan intuitif.

  • bagus kalau mampu menguasai bahasa selain Bahasa Melayu.. Bahsa Inggeris, Bahasa Arab, Bahasa Cina..

    Ape yang ldy perasan, zaman ldy agk kurang penguasaan bhs asing di kalangan kami, tetapi untuk generasi sekarang mereka sangat pintar berbahasa Inggeris .. mungkin pengaruh YouTube.

    • Betul kak, banyak andil dari konten-konten luar juga yang mayoritas berbahasa asing.
      Tapi harus difilter dan diarahkan juga sih ya.

  • flashback ke zaman aku kecil atau SD aja, kagak ada pelajaran Bahasa Inggris, ampun dah hahaha
    kayaknya waktu SD aku les bimbel dan kebetulan ada bahasa Inggris, tapi di sekolah malah belum ada pelajarannya
    truss pas SMP udah mulai ada pelajaran bahasa Inggris.
    sekarang jadi mikir, kenapa zaman aku dulu bahasa Asing kayak beneran asing gitu, jadi aku ngerasa, aku sendiri kayak telat belajar bahasa Inggris.

    trus waktu zaman zaman itu, kalau di kamar sok-sokan ngomong english padahal ngawur hahaha, nge-halu kalau seandainya pas gede lancar english

    • Belajar bahasa asing memang sebaiknya dimulai sedini mungkin. Apalagi belajarnya dengan cara yang menyenangkan sehingga anak bisa menyerap dengan baik. Kemudian kedepannya lebih semangat belajar bahasa asing. Bahasa asing sangat penting di masa kini.

      Apalagi sekarang juga banyak cara untuk belajar bahasa asing. Ya salah satunya cakap kids academy ini.

    • Eetapi kunci penguasaan bahasa asing, salah satunya ya repetisi mbak.
      Harus berani banyak mengulang supaya kelak bisa menjadi fasih.

  • Anehnya tuh kalau ada anak berbahasa asing suka dinilai “berbeda” di masyarakat.
    Aku sampe dimarahin sama Ibukku perkara anak-anak kurang bisa memahami bahasa Indonesia. Katanya sombong dan lain-lain.
    Lingkungannya pun gitu.. nge-bully anak-anak.

    Tapi aku optimis, anak-anak yang multi language begini memang terkesan lamban dalam mencerna informasi bahasa Ibu, tapi tetep kudu sabar. Toh mereka tinggal di Indonesia.

    Aku mau banget ikutan instal aplikasi Cakap di Play Store.
    Semakin memperkaya aktivitas berbahasa inggris serta menyediakan wadah yang tepat untuk mereka bisa terus berkembang.

  • Belajar bahasa asing itu sangat penting ya
    Apalagi di era global seperti saat ini
    Belajar bahasa asing di Cakap ini seru dan menyenangkan ya

  • saya termasuk yang enggak lancar bahasa inggris
    setiap blogwalking ke blog bahasa inggris aja ngefreeze dulu beberapa detik
    mau nulis apa,
    masih merangkai di angan2

  • Belajar bahasa Inggris melalui platform Cakap Kids ini sepertinya seru. Apalagi dengan motoda yang cocok dan bikin murid memahaminya, tentu banyak diminati. Memang sudah wajib sih bahasa asing ini buat kehidupan kita apalagi kompetisi profesi pun rata2 berbahasa Inggris.

  • Hari gini gitu looh…Apa kabarnya dengan saya emak-emak yang gak fasih bahasa asing,..hikks….suka minder kalo ngomong pake bahasa Inggris di blog… mau jawab apa ..syukurnya anakku gak kayak emaknya wkwkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *