Evaluasi dan Resolusi di Tahun 2024

Lagi-lagi harus buang kalender lama, dan beli kalender baru. Lagi-lagi kembang api yang ber-jelegar jeleger di depan rumah jadi pertanda pergantian tahun. Dan lagi-lagi tahun baru, pun datang dengan segala pengharapan. Manalah pake bonus hari tambahan pulak, 366 hari.

Bagaimana segala progress kalian tahun kemarin? Sudah sesuai rencana kah? atau justru malah gagal total?

Jujur saja, bagi saya 2023 tidak berjalan seperti harapan.

Banyak naik turun yang terjadi, dan saya merasa berada di titik stagnansi. Susah fokus, hingga banyak pekerjaan yang berujung kacau balau. Pola makan berantakan, hingga berat badan naik ga karuan. Dan yang paling saya sedihkan, nge-blog juga masih angot-angotan. Pernah tutup sementara, malahan.

Well, tapi yang lalu biarlah berlalu. Meski tahun kemarin masih banyak yang gagal tercapai, tapi saya merasa optimis tahun 2024 ini akan bisa lebih baik.

Salah satu yang bikin saya saya semangat lagi, adalah gara-gara ikut grup BW dari infonya Mbak Fanny Dcatqueen. Di dalem grupnya, ternyata banyak blogger yang ngga kaleng-kaleng. Nganu, itu bikin saya senantiasa jadi terinspirasi dan semangat untuk lanjut ngonten lagi.

Dan sejak akhir tahun 2023, asa untuk menulis blog pun jadi hidup lagi. Konten-konten kian tersusun rapi, meski pada eksekusinya masih sering mpot-mpotan. Teteuup, Hahaha

Dan dalam menghadapi tahun baru ini, tentu ga lengkap kalau belum ada goals yang ingin dituju. Kalo dalam bahasa gaul orang tua mah, Resolusi.

Ga pake basa-basi. Bismillah, berikut ini adalah beberapa resolusi saya di tahun 2024 ini.

Have a Healthier Body

Image by : Odua Studio

You know you’re in trouble, when you afraid to see the weight scale. Dan jujur saja, itulah yang terjadi pada saya di tahun 2023 lalu. Badan saya makin subur, makin bengkak macem daging gelonggongan. Baju makin gede ukurannya, dan beberapa ada yang udah gamuat dipake. Akhirnya jadi males, dan terlalu denial untuk sekedar melihat timbangan. Ga mau nerima kenyataan kalau angkanya udah sampe angka 92.

Enggak, saya ngga terpengaruh kata-kata orang kok. Persetan deh mau dibilang gemuk, gembrot, mau body shaming atau apalah itu, saya sebenarnya ga peduli. Terserah deh kalian mau bilang apa.

Tapi lain urusannya kalo udah menyangkut masalah kesehatan. Apalagi sekarang saya udah punya anak, tentunya ada lah kepikiran pengen live longer biar bisa stay longer. Yah, meski umur ga ada yang tau tapi at least masalah kesehatan kan masih bisa dijaga yaa..

Baca Juga :  10 Tahun Berlalu. Ternyata Oh Ternyata, Kita Semua Sudah Tua.

Udah mulai kerasa banget soalnya. Gampang ngerasa capek, gampang ngerasa ngantuk, dan gampang pegel-pegel juga. Stamina juga payah banget, kalo lari pagi baru berapa ratus meter udah megap-megap. Pun begitu juga dengan Badminton, dimana saya seringnya kalah karena nafas udah keburu senen kemis. Asli deh, pengen banyak berbenah masalah kesehatan.

Maka dari itu, dari kemaren-kemaren emang udah mulai hunting tempat fitness. Mulai susun rencana olahraga sehat beserta jadwal konkritnya. Terus untuk pola makan juga udah mulai rutin catat, pake aplikasi namanya FatSecret. Kalian ada yang coba juga?

Yah, pokoknya tahun 2024 mau lebih sehat ah. Target tahun ini : memperkuat fisik, serta nurunin berat badan sampe jadi 75kg. Bismillah!

Better at Ibadah

Image by : Odua Studio

Siapa sih yang ga pengen jadi imam dan ayah yang baik? Semua laki-laki harusnya mikir gitu ga sih. Tapi sayangnya, dalam peribadatan pun sejujurnya saya masih kurang konsisten. Masih belang bentong, dan kalo dikasih nilai mungkin dapetnya nilai C mines kali yak. Hahaha

Ini pulak yang sepertinya bikin saya sering moodswing. Hati kurang tenang, dan selalu bermasalah dengan skala prioritas. Ujung-ujungnya, banyak kerjaan yang sejatinya simpel tapi malah jadi awur-awuran.

Nah, tahun ini Insya Allah daku mau lebih rajin lagi ibadahnya. Sempurnakan yang wajib, konsistenkan yang sunnah.

Saya sampe bela-belain beli aplikasi habit tracker lho ini biar bisa lebih konsisten lagi. Adakah aplikasi semacam ini bisa membantu saya? Well, let’s see…

Konsisten Ngonten.

Image by : Odua Studio

Yap, ini challenging banget si. Karena sejujurnya sejak anak saya lahir, saya mulai kesulitan untuk mengatur dna membagi waktu. Seringnya kalo udah sampe rumah, fokusnya ya ke anak sama istri. Atau kalo ngga, seringnya udah keburu capek jadi males dah mau buka laptop untuk bikin konten.

Tapi lagi-lagi, ini bakal jadi target saya tahun depan. Pokoknya dengan segala daya dan upaya, saya usahakan biar lebih rajin ngeblog lagi. Target saya sih ga muluk-muluk, pokoknya bikin konten di blog dan instagram minimal 2 hari sekali. Udah, itu aja.

Terus kalo YouTube gimana?

Heleh, skip dulu. Ga realistis, hahaha. Soalnya kondisi waktu yang seringnya mepet, belum didukung dengan laptop atau PC dengan spek mumpuni yang bisa diajak lari-larian. Jadinya kalo ngedit video YouTube tuh seringnya capek nungguin loadingnya duluan. Masa iya satu video sederhana aja butuh waktu berjam-jam, gemesss nunggu loadingnya.

Dah lah simpel aja, pokoknya 1 konten per 2 hari di blog dan Instagram, Bismillah!

Jadi Penulis Buku

Image by : Odua Studio

Ini mimpi yang sudah ada sejak lama sih, tapi dari dulu ga pernah benar-benar diikhtiarkan. Entah kenapa, kayaknya seruuu aja gitu kalo bisa jadi penulis buku. Meskipun ya we all know, demand untuk buku udah ga segede dulu lagi.

Baca Juga :  Rombak Total Tampilan Blog (Lagi)

Liat ajalah itu Gramedia, rak ATK nya makin lebar sementara rak bukunya makin menyusut. Meni nelangsa.

Begini amat yak hidup di negara yang minat bacanya cuma 0.001%. Mengsedih.

Tapi keinginan saya untuk jadi penulis tetep ga akan luntur sih. Malah, menurut saya chance untuk jadi penulis sekarang tuh lebih besar dari yang dulu-dulu. Banyak penerbit yang ga nunggu kiriman naskah, tapi justru hunting naskah dari beberapa platform. Wattpad, misalnya.

Salah satu ikhtiar saya untuk menggapai mimpi ini, adalah dengan membuat blog series spesial. Isinya akan berupa kumpulan cerita masa lalu di sekolah, yang bikin emosi dan tawa haru jadi membumbung dan menggebu. Yah, siapa tau abis itu ada penerbit yang tertarik, ngoehehe.

Kayak gimana Blog Series-nya? Tungguin aja yak, Insya Allah akan segera tayang di blog ini.

Better Income, Better Savings

Image by : Odua Studio

Tahun kemarin, moodswing yang terus melanda, sedikit banyaknya ngaruh ke penjualan di Dagingnesia yang kondisinya agak stagnan. Well, it’s not going to happen anymore.

Tahun depan, saya mau banyak belajar lagi seputar dunia pemasaran, dan lebih konsisten untuk meningkatkan penjualan.

Kalian yang baca tulisan ini, jangan diem.. Yuk ah beli daging di Dagingnesia. Biar bantu nih Dagingnesia omsetnya rada nambah gede, hahaha

Lebih Banyak Traveling Bareng Keluarga

Image by : Odua Studio

Di akhir 2023 lalu, saya baru mulai lebih sering jalan bareng sama anak istri. Ga yang sampe jauh banget sih, terakhir cuma ke Bandung doang. Ga sampe keluar pulau apalagi ke luar negeri. Yhaa, berat di ongkos.

Tapi semakin kesini saya makin sadar, kalo pada akhirnya inti dari sebuah perjalanan bukanlah destinasinya. Melainkan, bersama siapa. Jadi tak apalah jalan-jalan ga jauh-jauh, yang penting masih sama anak dan istri. Siapa tau nanti kalo ada rezeki, bisa berkelana lebih jauh lagi.

Target saya di tahun 2024…. Hmmm, Bali kali ya.

Jujur, dari dulu sampe sekarang belom pernah sekalipun melipir ke pulau dewata sono. Agak meng-sedih, udah kerja tahunan tapi naek pesawat ke pulau sebelah aja ga kesampean. Masa iyaaaa…

Ada yang mau giveaway tiket pesawat kah? Yuk sini, saya siap tampung hahaha

Kalo target dan resolusi kalian di tahun 2024 apa aja nih? Coba dong share di kolom komentar yaa. Siapa tau bisa jadi bahan inspirasi untuk saya juga.

Bekasi, 4 Januari 2024
Ditulis sembari ngupil pake jempol tangan sebelah kiri.


Semangat penulis kadang naik turun, jadi boleh lah support biar update terus.

Silahkan klik link dibawah
Atau bisa juga dengan cara transfer ke :

BCA : 6871338300 | DANA : 081311510225 | ShopeePay : 082110325124

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

29 Comments

  • Menginspirasi banget tulisan terkait evaluasi dan resolusi 2024. Intinya semoga banyak hal-hal baik berdatangan di 2024 demi kehidupan yang lebih baik lagi .
    Resolusi versi me : pengen umroh tahun ini, punya tabungan, bisa belajar dan mempersiapkan diri buat beasiswa S2, punya banyak waktu luang untuk ngobrol & traveling sama keluarga, aamiin.

  • 2023 emang jadi tahun yg mengsedih bagi banyak orang tapi gpp. 2024 kita kudu semangaaat.

    BTW laki2 kalo udh nikah emang rata2 nambah BB ya? Apa karena ada yg masakin, ngurusin, merhatiin?

  • Wkwkwkwk gitu amat mas closing nyaaa

    Kerennn ini target2nyaaa…aku juga makin termotivasi nie buat nulis sejak ikutan bw mb fanny, ternyata isinya blogger2 andal…blongger andal aja masih rajin nulis rajin bw masak kita yg masih merintis ini males2an malu donk lah yaaaa

    Klo soal nulis aku pengennya konsisten aja min 1x seminggu sukur2 dapat 2x seminggu Alhamdulillah , makin ngembangin blog belajar nulis yglebih bagus lagi sapa tau ada yg ngelirik ngasih kerjaan lewat tulisan blog aamiin

    Semangattttt!!!

    • Ini aja aku udah mulai sulit kejar konsistensi, hahaha
      tapi yaa Bismillah aja. semoga lanjut teruus ini konsistensinyaa

  • Kalo aku, nomer satu itu resolusinya better at shalah… Insya Allah kalau shalat sudah lebih baik, kehidupan pun lebih baik. Meski dilakukan tiap hari 5x, tetap saja ada yang kurang dari pengerjaan shalat, entah pikiran melantur, lupa rakaat, dll.
    Nah ini yang jadi PR aku di 2024 ini, bagaimana bisa lebih khusyuk shalat dan apa yang dibaca saat shalat bukan hanya membaca karena hafal…

  • Semoga resolusi tahun 2024 nya tercapai semuanya ya, aamiin. semangat mempersehat tubuh. Saya juga mulai semangat intermittent fasting lagi nih, setelah di tahun kemaren kok on off mulu.
    Dan samaaa, bukan peduli sama perkataan orang, karena saya jarang ketemu orang, dan selalu terlihat langsing di foto, padahal aslinya astagfirullah, wakakakaka.

    Cuman, gendut itu sungguh nggak enak, tulang sakit semua karena badan berat 😀

  • Aku awal tahun malahan ambruk , alhamdullilah sudah sehat lagi…resolusinya the best mas…saya juga kepinginnya gitu,tapi kadang di tengah jalan suka mandeg..tapi tetap berusaha semampu yg saya bisa ajalah, bukan ga optimis, harus donk…di beri sehat, ga angot”an dalam segala hal..amiin

    • Dagingnesia apaan kak? Kok ga pernah ada iklan²nya. Tulis dong jd artikel blog, kan bisa soft selling jg jadinya. Klo aku targetnya 2024 pingin umroh, dgn biaya dari hasil ngeblog. Hmm.. Bismillah yaa resolusinya tercapai semua. Kita saling mendoakan. Aamiin

  • Traveling dan menjadi penulis buku, adalah beberapa poin impian saya tahun ini.

    BTW, met tahun baru ya mas, semoga tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin… ^_^ dan tercapai keinginannya

  • Resolusinya nyaris sama denganku, aku juga ikhtiar mau nulis buku solo tahun ini setelah tiga tahun ngga ada nerbitin buku, sedih. Semoga tercapai semua resolusi ya sehat sekeluarga aamiin

  • Resolusi dan evaluasi ini selalu ada di otakku, tapi gak bener-bener aku tulis. Rasanya jadi ke trigger juga nih.. baca tulisan ka Fajar.
    Seru juga menuliskan beberapa bucket list dan jangan lupa untuk tetap menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Timely).

    Kayany 2024, aku mau nyiapin tabungan lagi buat nonton konser.
    Wkkwkw..asa addicted euii~

  • Keren nih targetnya di 2024, semoga bisa terwujud semuanya ya. In syaa Allaah kalau udah komit pasti bisa apalagi udah beli aplikasi habit tracker juga, bisa membantu tuh buat membangun kebiasaan yang lebih baik. Btw soal mimpi jadi penulis buku itu juga sama seh, dari dulu mimpiku juga gitu cuma sampai sekarang gak ada eksekusi tidak diikhtiarkannya makannya jadi sebatas angan saja,huhu malah makin ke sini udah merasa nyaman dan cukup dengan menulis di blog saja, hehe.

  • samaan mas saya juga aktual 2023 tidak sesuai dengan harapan, semoga ya 2024 ini semua impian kita semua menjadi kenyataan dan sesuai harapan, better dalam segala hal mulai dari kehidupan, karir, rezeki termasuk ngonten, juga ibadah paling penting semuanya lebih baik lagi aamiin

  • Waah tulisannya merefleksikan keinginan saya juga. Hahah. Salah satunya jadi penulis asli dengan buku yang semuanya isinya saya yang kerjain bukan feature, tapi apalah daya tahun 2023 itu masih belum kesampaian. Nah 2024 ini saya ga tau ttp lanjut apa yaudah dibuat putus aja yang penting blog masih ttp aktif. Heheh

    Setuju sih, karena tambah tahun, fisik juga staminanya gak kaya abege, jadi sebisa mungkin selama masih sehat, ada waktu dan ada duit, bisa traveling bareng oran yng di sayang. Olahraga juga ttp ,di getolin.

    • Alhamdulillah ada temen semimpi, hehehe.
      Semoga yaa bisa jadi penulis buku mbak. Bismillah, semoga produktif selalu.

  • Dari semua resolusi yang disebutkan, sebagian besar jadi resolusi yang akan aku terapkan di tahun ini mas. Mulai dari olahraga, beribadah, rajin nulis, dan baca buku. Kalau jadi penulis buku belum kepikiran, meski sudah banyak yang menyuruh untuk mencobanya.

    Tahun lalu aku berhasil menurunkan berat badan hingga 9 kg mas. Caranya dengan mengatur pola makan dengan intermitten fasting dan olahraga. Pas itu banyak yang bilang malah terlalu kurus. Sekarang naik lagi dan mulai rajin olahraga untuk bentuk tubuh.

    Emang kita ga pernah tahu berapa lama usia kita. Tapi melalui olahraga kita bisa memperbesar kemungkinan kita untuk bugar, sehat, dan berumur panjang.

    Semangat mas fajar untuk semua resolusinya. 🙂

  • mungkin saya adalah salah satu orang yang begitu memikirkan apa resolusi tiap tahunnya, namun tentu saja saya pun punya harapan yang mungkin malas untuk diungkapkan. semoga resolusi yang masbro ungkapkan bisa terwujud.

  • Heeei, ini blog di-update 2 hari sekali apa kabaaar ?

    Aku seneeeeng mas fajar balik ikutan BW lagi. Kemarin2 sempet kaget liat notif dari wa yg ga aktif dulu.

    Yg target olahraga, pasti bisa mas. Memang hrs diperhatiin dari skr, hrs bikin habit suka olahraga sjk skr juga. Belajar dr COVID kemarin, di mana temen2 ku yg kliatan sehat, tp ternyata kalah dari COVID Krn ada penyakit tersembunyi macam hipertensi, gula etc yg selama ini ga disadari. Dari situ juga sih aku jadi rutin workout sampai skr udh jadi habit.

    Aku doain lancar dan konsisten yaa semuanya

    • Hahahaha, aku abis ada sedikit masalah. Jadi kemaren lumayan drop sengedrop-ngedropnya.
      Iya mba, meskipun udah ninggalin persosmed-an, tapi aku mau usahain konsisten ngonten di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *