Pusat Grosir Xuping, Dari Hobi Belanja Menjadi Sumber Penghasilan

Berawal dari tawaran dari tawaran Kak Nur untuk meminjamkan kaset instalasi Windows, mengawali cerita kunjungan saya ke toko Kak Nur sendiri, yaitu Pusat Grosir Xuping. Adapun toko ini menjual berbagai macam perhiasan seperti cincin, kalung, liontin hingga Gemstone. Lokasinya tak jauh dari posisi saya di Jatiwarna, Bekasi.

Pada awalnya saya sempat merasa tidak enak hati, karena saat itu jam dinding sudah menunjukkan pukul 10 malam waktu setempat. Tapi Kak Nur menjelaskan bahwa mereka memang sudah biasa beraktivitas di malam hari, jadi tidak ada masalah untuk berkunjung di jam segini. Yowis deh tak mampir πŸ˜€

Tak sulit untuk menemukan alamat Pusat Gusat Xuping, karena hanya dengan mengetikkan nama toko tersebut di Google, kita akan langsung di arahkan ke lokasi yang akurat melalui Google Maps. Posisinya memang agak masuk kedalam perumahan, tetapi tidak terlalu jauh dari jalan raya Kodau. Hanya butuh waktu 5 menit bagi saya untuk tiba kesini.



Sesampainya di lokasi, saya langsung disuguhi segelas kopi hitam diserta beberapa pisang cokelat nan nikmat. Duh, jadi enak, hehehe. Nah, mumpung kopi masih utuh dan piscok pun masih hangat, saya memulai percakapan bersama Kak Nur beserta sang Suami.

“Kak Nur, coba ceritain dong, gimana sih awal mulanya kok Kak NurΒ  bisa sampe kepikiran untuk jualan xuping?”, tanya saya untuk membuka obrolan.

“Awalnya sih karena hobi ya kak.” jawab kak Nur.

“Jadi dulu tuh saya suka banget ngoleksi perhiasan. Padahal aslinya sih ga semuanya saya pake. Itu saya koleksi sampe satu peti kalo gasalah waktu itu. Nah, dari situ saya kepikiran untuk ‘kenapa sih ga coba jualin aja’. Itulah akhirnya kenapa saya mulai jualan online”

Dan.. berawal dari hobi itulah Kak Nur memulai usaha Pusat Grosir Xuping alias PGX ini. Kalo kalian penasaran seperti apa isi toko Kak Nur, inilah foto-fotonya..

Yap, rapih, bersih dan tertata. 3 kata itulah yang mungkin paling pas untuk menggambarkan bagaimana penyimpanan stock di Pusat Grosir Xuping ini. Pantas saja penjualannya pun luar biasa. Meski baru dibuka dari bulan September tahun lalu, toko ini sudah berhasil mendapatkan rating ‘Gold’ di tokopedia pada awal tahun ini.

Baca Juga :  Unboxing : Kado Dari Tokopedia, Dapet Apa Aja?

Keberhasilan Kak Nur mengembangkan PGX ini tentunya tidak diraih sendirian saja. Ada juga dukungan dari sang suami yang bersama-sama membangun PGX sehingga menjadi seperti sekarang ini.



For your information, pada awalnya suami kak Noer sudah berada di posisi nyaman ketika bekerja di salah satu perusahaan swasta. Selain sudah menjadi karyawan tetap, apa yang didapat dari perusahaan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Kak Nur beserta keluarga. Namun, setelah melihat omset dari Pusat Grosir Xuping yang terus meningkat, akhirnya sang suami luluh juga. Pada awal bulan Februari ini, ia lantas resign dari kantor untuk fokus mengelola toko ini. Keren ya πŸ˜€

Ga cuma dukungan dari Suami yang membuat PGX semakin maju. Tetapi juga karena adanya dukungan tambahan tenaga alias karyawan untuk membantu memaksimalkan operasional dan pelayanan di PGX. Awal-awalnya seluruh transaksi dan operasional dikelola berdua saja antara Kak Nur dan suami.

Namun, jumlah transaksi yang semakin meningkat membuatΒ  mereka akhirnya mengangkat bendera putih juga. Apalagi, Kak Nur kini memiliki 2 anak balita yang tentu saja sangat membutuhkan treatment khusus. Oleh karena itulah, pada awal Ramadhan kemarin akhirnya Kak Nur memberanikan diri untuk merekrut karyawan.

Hebatnya Kak Nur, setiap karyawan disini benar-benar di edukasi dan diberikan alur kerja sehingga pelayanan mereka kepada pelanggan bisa sangat maksimal. Saat ini ada 2 orang karyawan di PGX, yang satu untuk packing dan satunya lagi untuk admin olshop.

Jobdesk karyawan. Penting banget nih πŸ˜€
Setiap order diberikan notes khusus. Trik biar ngasih bintang 5

Kak Nur dan Suami lanjut bercerita, bahwa mereka berdua memang sudah terbiasa untuk memulai aktivitas atau bekerja di malam hari. Menurut mereka, biasanya siang hari itu sudah sibuk untuk mengurus toko, jadi di malam hari yang tenang lah waktu yang tepat bagi mereka untuk menyusun strategi dan berfikir rencana ke depannya. Mantap tenan rek.. Workaholic abiss.

Satu hal yang saya kagumi dari Kak Nur dan Suami adalah ‘kehausan’ mereka akan ilmu, serta keseriusan mereka untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan ke dalam sebuah tindakan nyata. Sebagai contoh, waktu itu mereka mendapatkan ilmu tentang trik import barang. Esok harinya mereka langsung mencoba memesan barang di AliExpress. Beberapa minggu kemudian ada ilmu tentang cara mengelola foto yang baik, mereka pun langsung aplikasikan kepada toko mereka.

Baca Juga :  Gonzucraft, Bisnis Bantal Kreatif yang Terinspirasi dari Game Online

Hal ini mengingatkan saya kepada salah satu kata bijak dari CEO Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim.

“Siapapun bisa mencuri idemu. Tapi tak akan ada seorang pun yang bisa mencuri eksekusimu.”

Dan.. melihat perjuangan yang dilakukan oleh Kak Nur, maka tentu sangat wajar apabila di usia yang masih seumur jagung ini, Pusat Grosir Xuping sudah mencatatkan penjualan dan reputasi luar biasa di berbagai marketplace. Di Tokopedia, mereka sudah mendapat peringkat Gold. Di Shopee sudah menjadi Star Seller. Dan di Bukalapak, sudah menjadi Pedagang Besar. Kurang keren apa coba.

Dan apa yang sudah dicapai di keseluruhan marketplace itu ternyata tidak lantas membuat Kak Nur puas. Saat ini, Kak Nur sedang memulai fokus untuk membangun kekuatan di social media Instagram, Facebook, serta website di www.pgx.co.id.

Screenshot PGX Tokopedia, penjualan sudah lebih dari 12rb lho !

Well, sebenarnya masih banyak yang ingin saya gali dan saya ceritakan tentang PGX ini. Namun sayangnya, waktu tanpa terasa sudah menunjukkan pukul 1 malam hari. Malam semakin larut dan tonggeret semakin keras berbunyi . Tiba waktunya bagi saya untuk segera pulang ke rumah, sebelum kawanan begal mulai berkeliaran di sekitar.



Satu hal yang bisa saya petik dari kunjungan hari ini adalah, “Cintailah selalu apa yang kita senangi. Mungkin dari sanalah pintu rezeki kita akan dibuka”

Terima kasih sudah mampir kakaak…

__

PUSAT GROSIR XUPING.
Jl. Griya Asri Taman Mini, Blok G2 Nomor 10,
Kel. Jatimakmur, Kec. Pondok Gede, Jatimakmur,
Pondokgede, Kota Bks, Jawa Barat 17413
Whatsapp : 0896 0845 0770

Tokopedia : Tokopedia.com/grosirxuping01
Bukalapak : Bukalapak.com/grosirxuping01
Shopee : Shopee.co.id/khansajewelry
Facebook : Facebook.com/pusatgrosirxupingkhansa
Instagram : Instagram.com/pusatgrosirxuping

Fajarwalker

A Man with frugal style living. Sering dikira pelit, padahal cuma males keluar duit.

More Reading

Post navigation

20 Comments

  • Salut sama mereka, dari sesuatu yang bisa dibilang hobby akhirnya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan

    • Yap, benar sekali kak Putu Eka.
      Kalau kata Ridwan Kamil, pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar πŸ˜€

  • Jadi ingin berkenalan lebih jauh. Siapa tahu saya ketularan ide bisnisnya. Saya juga lagi mencari bahan atau produk yang laku terjual. Semoga laris dan jaya terus.

    • Ikut komunitasnya aja kak Topcommunity bekasi, hehehe.
      Barangkali dari ikut komunitas bisa jadi tertarik jualan online πŸ˜€

  • Gak tahu kenapa suka kagum kalau ada ibu rumah tangga yang bisa aktif ngembangin hobi tapi tetep sanggup ngurus anak dan suami. Ahh kak Nur ini inspiratif bangeettt πŸ™‚

    • Iya kak, mereka sendiri sampai begadang tiap hari. Di satu sisi ngembangin usaha, di sisi lain harus ngurus anak juga. Keren yha πŸ˜€

    • Iya kak, karena sebagian besar customer itu biasanya bakalan repeat order. Jadi kita harus ngasih pelayanan ‘spesial’ untuk mereka πŸ˜€

  • aku suka sama kalimatnya β€œCintailah selalu apa yang kita senangi. Mungkin dari sanalah pintu rezeki kita akan dibuka”

    btw pernak perniknya lucu lucu suka khilaf kalau lihat gituan

    • Benar sekali kak. Karena banyak di luar sana orang orang yang mencari rezeki, tapi dengan melakukan apa yang tidak ia sukai. Kalau kita melakukan apa yang kita suka, Insya Allah jadinya ikhlas terhadap apapun πŸ˜€

      Ati-ati kak harus bisa ngerem tuh, apalagi kalo tanggal tua, hehehe

  • Yang patut diacungi jempol adalah keberaniannya untuk memulai ….
    Tak sedikit orang yang punya keberanjan memulai usaha sendiri, tanpa ikut kerja orang lagi.

    Semoga usaha mereka makin maju, ikut mendoakan.

    • Bener banget kak Himawan. Ga mudah untuk keluar dari zona nyaman, apalagi kalo udah tiap hari dapat gaji… Hehehehe..

      Makasih doanya ya kak, saya bantu aminin πŸ™‚

  • cerita2 daro hobi jadi lahan penghasilan yg seperti ini inspired banget,
    mulai itu susah soalnya, yg ga pede ini itunya, tp semangat mereka luar biasa

    • Semua memang akan terasa sulit diawal kak, tapi kalau sudah dijalani, Insya Allah bakal kerasa enjoy dan fun aja hehehe..

      Yang penting, kudu tetep sabar baik ketika sepi maupun ramai πŸ˜€

  • Salut banget sama yang uda mulai usaha gtu yaang berawal dari hobi, akhirnya jadi sukses karena menekuni apa yang disukainya.. Saya juga jadi terinspirasi nih pengen buka usaha sesuai hobi yang saya suka.. Semoga aja ada jalannya ya kak.. Aminn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *