Tokopedia Ulang Tahun!

Ya, pertengahan bulan lalu, marketplace andalan saya yang satu ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-sembilan. Kelahirannya pun bersamaan dengan hari kemerdekaan indonesia, yakni pada tanggal 17 Agustus. Tentu saja, momen euforia ini langsung disambut dengan berbagai promo dan hadiah menarik dari Tokopedia. Mulai dari promo free ongkir, flash sale seharga 9.900, dan tentunya yang paling ditunggu-tunggu : Bingkisan Spesial dari Tokopedia.

Wuiiih, beneran tokopedia ngasih bingkisan?

Yap, bingkisan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan Tokopedia terhadap insan-insan yang telah ikut bergerak bersama dalam membangun Tokopedia selama 9 tahun terakhir. Bingkisan jumlahnya ini terbatas lho, dan dikhususkan hanya untuk para Nakama, Mitra dan member TopCommunity saja.

Untungnyanya saya adalah salah satu orang yang beruntung untuk mendapatkan bingkisan eksklusif tersebut. Yuhuu 😀

Well, sebenarnya ini sudah lama sekali sejak terakhir kali saya mengisi form online yang diberikan oleh Angga, salah seorang Community Development Tokopedia. Seingat saya, waktu itu saya mengisi data form pada minggu terakhir di bulan Juli kemarin. Itu artinya, sudah lebih dari 1 bulan sejak saya mengisi form, dan lebih dari 2 minggu sejak momen acara ulang tahun Tokopedia terlaksana.

Tapi ya sudahlah. Terkadang memang dibutuhkan penantian yang lumayan panjang untuk mendapatkan sesuatu yang istimewa. Termasuk juga dengan bingkisan spesial ini, hehehe. 😀

Siang hari tadi, sepulang dari soto kwali di jam makan siang, seonggok paket ini nampak sudah nangkring di meja kerja saya. Akhirnyaaaaa.. setelah penantian selama tujuh purnama, dari musim duren hingga musim rambutan.. Bingkisan yang ditunggu-tunggu pun datang juga.

Bingkisan yang dikirim dengan menggunakan kurir SiCepat ini memiliki dimensi yang cukup besar. Ukurannya lebih besar dari laptop Lenovo saya, dengan estimasi berat antara 2 hingga 3 kilogram. Hmm.. berat juga ya. Berapa tuh ya kira-kira ongkir yang ditanggung Tokopedia untuk mengirim semua paket ini?

Entahlah, dan ngapain juga yak saya pikirin 🙁

Tanpa pikir panjang, langsung saja saya mengambil gunting dan memotong seluruh plastik wrapping yang membungkus bingkisan ini. Kini sebuah dus berwarna hijau, dengan tulisan Tokopedia 9 sudah ngejogrok bebas di hadapan saya. Dusnya sendiri tidak dibuat dengan sembarangan, bahkan terasa begitu detail dan eksklusif. Untuk membukanya saya harus menarik ‘kancing logam’ yang berada di salah satu sisi dus bingkisan ini.

 

Setelah saya membuka kancing dan menarik penutup dus ini, saya pun langsung ‘disambut’ oleh sebuah surat dari Tokopedia, dengan nama lengkap saya nampak tertulis di atasnya. Segera saja saya penasaran dan membuka isi surat tersebut.

Ternyata, surat tersebut merupakan surat dari pendiri Tokopedia, Pak William Tanuwijaya. Isinya adalah sebagai berikut :

 

Dear Toppers,

Tokopedia lahir dengan misi ikut bergerak mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

Demi mewujudkan misi tersebut harus dibangun kepercayaan untuk menghubungkan masyarakat Indonesia yang tersebar lebih dari 17.000 pulau, dan dalam membangun kepercayaan harus dibangun banyak jembatan penghubung, bukan dinding-dinding pemisah.

Hari ini, Tokopedia genap berusia 9 tahun. Ketika kami melihat balik perjalanan ini, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan kerjasama dari seluruh mitra kami, yang bergotong-royong, bergerak bersama membangun jembatan-jembatan penghubung tersebut.

Terima kasih atas kebersamaan ini.

Kini, sudah lebih dari 4 juta masyarakat Indonesia memulai dan mengembangkan bisnisnya. Setiap bulannya, sudah lebih dari 78 juta masyarakat Indonesia mengunjungi ekosistem yang kita bangun bersama ini. Mari terus bergerak bersama membangun jembatan penghubung kepercayaan, agar pemerataan ekonomi semakin terwujud.

Mari terus berjuang bersama membangun brand-brand masa depan indonesia.

 

Salam,

William Tanuwijaya.

 

 

Ya, surat tersebut ternyata berisi sebuah pidato dari Pak William Tanuwijaya, selaku founding father-nya Tokopedia. Memang, jika kita melihat kembali perjalanan dan kiprah Tokopedia dalam 9 tahun terakhir, nampaknya luar biasa sekali. Hanya dalam kurun waktu tersebut, Tokopedia telah berevolusi dari sebuah startup antah berantah, menjadi salah satu perusahaan digital raksasa di Indonesia.

Saya pribadi pun tentunya mengucapkan begitu banyak terima kasih kepada Tokopedia, karena lewat marketplace inilah saya bisa mengembangkan usaha jualan daging online saat ini. Dengan kehadiran Tokopedia lah, akhirnya saya bisa berjualan online dengan lebih praktis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan tenaga.

Pokoknya hatur nuhun pisan lah Tokopedia 😀

Eh, udah dulu ah muji-muji Tokopedianya. Sekarang kita kembali lagi ke bingkisan yang baru saja saya buka ini. Nampak ada 3 buah barang yang tersusun rapi berada di dalam box ini. Yang satu berbentuk kotak, yang satu berbentuk bundar.. dan yang satunya lagi berwarna abu-abu dengan ukuran yang cukup besar.

Yang pertama kali saya buka adalah barang yang berbentuk kotak terlebih dahulu. Barang ini ditutupi dengan cover berwarna putih dengan tulisan #9TahunBersama. Apa tuh isinya? Ternyata sebuah PowerBank Robot berkapasitas 6.600 MaH.

Asyik.. kebetulan banget nih, soalnya saya memang sedang membutuhkan powerbank. 😀

Powerbank milik saya sedang dipinjam oleh kakak saya untuk perjalanan ke bromo, dan dia baru pulang pada hari selasa minggu depan. Untunglah dapet powerbank ini, jadi bisa buat cadangan untuk sementara waktu, hehehe.

Selanjutnya, saya membuka barang berwarna abu-abu dengan siluet wajah burung hantu berwarna putih. Awalnya saya kira ini adalah kaos bergambar maskot Tokopedia. Tapi ternyata, dugaan saya salah. Yang saya pegang ini bukan kaos, melainkan sebuah tas kecil untuk menyimpan alat tulis, uang, dan kartu ATM.

Tas ini terbuat dari bahan kanvas, dengan karet hitam di bagian belakangnya untuk menjaga agar penutup tas ini senantiasa tertutup. Di bagian dalamnya terdapat berbagai kompartemen untuk mengatur barang-barang sehingga tidak berantakan saat disimpan di dalam tas ini. Bagus banget deh pokoknya.

Oya, di bawah tas ini ternyata masih ada 1 buah barang, yakni sejumlah sticker Tokopedia dan sebuah buku notes berukuran cukup tebal. Isi halaman dari buku notes ini benar-benar kosong, tanpa ada garis sedikitpun. Mungkin ini bermakna ‘membuka lembaran baru’ di momen ulang tahun yang ke-sembilan… Etapi gatau sih, itu mah saya sotoy aja 😀

Dan yang terakhir, benda berbentuk lingkaran diatas ternyata merupakan sebuah toples berisikan biskuit choco chips. Toples ini berukuran kecil, sehingga mudah digenggam oleh tangan saya. Bentuknya imut, karena ada sticker bola mata  dan paruh dari si burung hantu, maskotnya tokopedia.

Biskuit choco chips-nya rasanya enak banget, jadi bisa untuk teman ngemil saya seminggu ke depan nih, hehehe.

Selanjutnya, saya masih penasaran dengan isi bingkisan ini. Siapa tau aja ya kan di bawahnya ada duit 100 ribu yang ketutupan, atau manatau ada lembaran saham tokopedia yang keselip.. Yah, namanya juga ngarep. Tapi setelah saya cek beberapa kali, ternyata tidak ada… hiks 🙁

Itu artinya, selesailah sudah sesi unboxing kali ini. Total isi dari bingkisan ini adalah 4 buah, yakni surat dari Pak William, Powerbank Robot 6.600 MaH, Tas mini, Notes Polos, Sticker Tokopedia, dan Choco chips.

 

 


 

 

Alhamdulillah, penantian dan rasa penasaran saya selama selama 1 bulan akhirnya terbayar sudah. Walaupun sebenarnya hati saya sedih karena tahun ini secara mengejutkan tidak ada acara ulang tahun dan award seperti biasanya, tapi bingkisan super eksklusif ini sedikit banyaknya sudah mengobati rasa kesedihan itu.

Sebagai (mantan) ketua RT, sejujurnya saya merupakan salah satu sosok yang cukup sering menyampaikan kritik dan masukan terhadap Tokopedia. Tapi tentu saja kritik tersebut bukan karena saya kecewa, apalagi karena membenci Tokopedia. Melainkan karena saya memiliki harapan dan rasa cinta yang cukup besar dengan marketplace karya anak bangsa yang satu ini.

Di momen ulang tahun yang ke-sembilan ini, saya menyampaikan doa dan harapan saya, semoga Tokopedia bisa terus berkembang dan senantiasa menjadi marketplace kebanggaan bangsa Indonesia. Dengan dukungan dari Tokopedia, UKM-UKM di Indonesia pun semakin berkembang. Dan saat UKM makin berkembang, maka peluang lapangan kerja pun semakin terbuka luas bagi bangsa Indonesia..

Seperti kata bapak William Tanuwijaya, “Kami percaya kesuksesan itu hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses”.

 

Well.. happy birthday Tokopedia! 🙂

 

 

Bekasi, 08 September 2018
Ditulis sambil meluruskan kaki yang terasa pegal-pegal.